Surabaya, pens.ac.id – Guna membekali calon wisudawan agar memiliki kemampuan dan daya saing menuju dunia industri, Pusat Karir dan Potensi Alumni (PUSKARNI) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan Workshop Karir bertajuk ” Jadi pemenang di Persaingan Memasuki Dunia Industri”. Terlaksana selama dua hari (29-30/8), kegiatan ini bertempat di  Ruang Auditorium Gedung Pascasarjana PENS. 

Dalam kesempatan kali ini, PUSKARNI PENS turut mengundang dua psikolog ahli yakni Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi. dan Nurlita Endah Karunia, S.Psi., M.Psi. Seperti pertemuan sebelumnya yang telah terlaksana di bulan maret, beberapa materi yang dipaparkan yakni seputar tips dan trik membuat surat lamaran kerja, membuat curriculum vitae, dan tata cara berpakaian dan menjawab pertanyaan saat sesi wawancara. “Pastinya tujuan utama kami menyelenggarakan workshop ini ialah supaya calon wisudawan setelah lulus nantinya lebih siap dalam memasuki dunia industri, sehingga mereka memiliki nilai tambah dan bisa langsung mendapat pekerjaan yang layak,” tutur Nofria Hanafi, S.T., M.T selaku Penanngung Jawab.

Tidak hanya itu, para peserta yang mayoritas adalah calon wisudawan PENS ke-11 ini juga diberikan kesempatan secara langsung untuk mempraktikkan simulasi wawancara kerja di hadapan pemateri. Tentunya, setelah simulasi usai dilaksanakan, Umi Anugerah memberikan saran dan komentar dihadapan peserta yang hadir. ia juga mengungkapkan bahwa mahasiswa PENS sudah cukup siap dan sangat antusias dalam menerima maupun mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Acara pun ditutup dengan sesi tanya jawab.

Diharapkan dengan adanya workshop ini, dapat menambah mahasiswa PENS khususnya calon wisudawan yang akan diwisuda pada bulan september nanti agar lebih siap lagi sebelum memasuki dunia industri. ” Jangan putus asa untuk terus mencoba memasukkan surat lamaran baik secara online maupun offline. Sehingga, pembekalan yang telah disampaikan bisa membuat mahasiswa lebih siap lagi diterima di dunia kerja,” harap Dr. Umi Anugerah Izzati, M.Psi selaku pemateri. (dya)

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian