Yogyakarta, pens.ac.id – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 tahun 2018 yang sedang berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi dibuka oleh Menristekdikti, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Pembukaan PIMNAS yang digelar di GOR UNY pada Kamis (30/8) berlangsung meriah. Sebanyak 136 Kontingen siap beradu di ajang bergengsi ini.

Mengusung tema Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif berlandaskan Ketakwaaan, Kemandirian, dan Kecendekiaan dalam Bingkai Kebhinekaan, perwakilan dari 136 Kontingen PIMNAS ke-31 dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta mengenakan baju adat daerah saat Defile. Saat memasuki GOR, masing-masing perwakilan dipandu oleh panitia dengan membawa bendera Perguruan Tinggi. Pakaian yang dikenakan oleh perwakilan kontingen PENS adalah baju adat Jawa Timur.

Selanjutnya adalah sambutan dari Prof. Dr. Sutrisno Wibowo, M.Pd. selaku rektor UNY, yang memaparkan rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan beberapa hari kedepan. Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Wakil Gubernur Yogyakarta yakni Sri Paduka Paku Alam. “Apresiasi saya berikan kepada kalian semua yang telah lolos hingga ajang PIMNAS ini,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Prof. H. Mohamad Nasir mengungkapkan bahwa mahasiswa yang berhasil lolos hingga PIMNAS adalah orang-orang yang berprestasi. “Tahun 2018 ini semoga inovasi yang ada, dapat menjadikan kalian menjadi entrepreneur yang berkualitas,” tuturnya. Acara pembukaan yang berlangsung semarak dengan berbagai penampilan kesenian ini, ditutup dengan penyerahan piala bergilir dan Kemilau Nusantara, yakni persembahan tari tradisional dari sabang hingga merauke.

(hum/umi)