Jombang, pens.ac.id – Demi mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu salah satunya pengabdian masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) khususnya dari Kementerian Sosial Masyarakat (SOSMAS) telah usai melaksanakan kegiatan yang bertajuk “PENS Goes to Village (PGTV) 2018”. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, terhitung sejak Sabtu (18-22/8). Diikuti oleh mahasiswa PENS dari berbagai jurusan, seperti tahun sebelumnya PGTV ini diadakan  di Dusun Jatirajah, Desa Mangunan, Kecamatan Kabuh, Jombang.

Serangkaian kegiatan, diawali dengan sambutan oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan yakni Ir. Anang Budikarso, M.T. dan dilanjutkan oleh Kepala Dusun yakni Bapak Parman. “Dengan adanya PGTV ini PENS sudah sangat membantu. Dan diharapkan dapat membantu warga dusun ini untuk lebih baik kedepannya,” tutur Bapak Parman selaku Kepala Dusun. Usai pembukaan, diadakan pula beberapa lomba yang bertujuan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Suasana perlombaan pun tampak meriah, terbukti saat ramainya teriakan dari anak-anak untuk menyemangati satu sama lain.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa PENS berupaya mengembangkan dusun Jatirajah pada beberapa bidang diantaranya kesehatan, kebersihan, pendidikan dan juga perekonomian. Di bidang kesehatan, BEM PENS bekerja sama dengan BEM Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Surabaya, yang mana mengadakan cek kesehatan dan juga penyuluhan terkait stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Saat pemaparan materi, masyarakat pun tampak antusias untuk membahas pentingnya menjaga kebersihan demi kesehatan. Selain itu pada bidang pendidikan, mahasiswa PENS mengajarkan untuk berbahasa Inggris, bidang teknologi yakni penggunaan Microsoft, dan masih banyak lagi. Pada pendidikan ini mahasiswa PENS menekankan pada segi keprofesian  yakni cita-cita dan bagaimana usaha untuk menggapainya.

Untuk mengembangkan bidang perekonomian dan juga kebersihan, dilakukan perbaikan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang telah dibangun pada tahun lalu, serta pembangunan MCK baru. Tidak hanya itu,  terdapat pula pembangunan kandang ayam yang  akan dijadikan usaha oleh warga di dusun tersebut. Bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, dilaksanakan pula sholat Ied, penyembelihan hewan kurban, dan pembagian sembako kerumah warga sekitar. “Besar harapan, semoga dusun ini bisa mandiri untuk kedepannya dan juga sadar akan pentingnya kesehatan, pendidikan, dan juga kebersihan. Serta masyarakat sekitar mampu mengembangkan perekonomian dusun ini,” ungkap Moch. Ihza Abhista selaku Penanggung Jawab. (umi/tts)

wpChatIcon
EnglishIndonesian