Surabaya, pens.ac.id – Departemen Teknologi Multimedia Kreatif (DTMK) sukses menggelar Focus Grup Discussion (FGD) yang bertajuk “Sinergi Riset Menuju Indonesia 4.0” di Gedung Pascasarjana PENS pada Kamis (16/8). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kuliah tamu “Strategi Pengembangan Konten Digital dalam Revolusi Industri 4.0 dan IoT” yang telah dilaksanakan pada akhir Juli lalu. Peserta yang hadir berasal dari kalangan akademisi, praktisi industri, dan instansi pemerintahan. Fokus bahasan terbagi dalam beberapa bidang, yaitu Smart City and Infrastructure 4.0, Manufacturing 4.0, Health 4.0, Agriculture 4.0, dan Media 4.0.

Pada kesempatan ini Prof. Dr. Ing. Hendro Wicaksono, dari Fakultas Teknik Industri Jacob University Jerman, mengungkapkan bahwa Jerman adalah kiblat dari Industri 4.0. “Indonesia harus bisa menyetarakan dengan Jerman, dengan cara terus melakukan riset, mengidentifikasi kebutuhan Industri 4.0, mengetahui teknologi yang perlu dikembangkan serta merealisasikannya,” ujar Prof. Hendro. Penelitian yang dilakukan oleh PENS pun turut dipaparkan oleh Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D., selaku peneliti senior bidang otomasi dan robotika PENS. Sementara itu, Ir. Ilmanza Restuadi Kurniawan, M.IT., seorang praktisi IoT otomasi industri, memaparkan seputar teknis dan implementasi Industri 4.0 dalam lingkup industri.

Moh. Zikky, M.T., selaku ketua pelaksana, mengungkapkan bahwa acara berlangsung lancar dengan dihadiri oleh berbagai elemen. “Goal dari FGD ini adalah adanya riset bersama. Bahkan beberapa instansi sudah saling berkomunikasi untuk membuat kerjasama. Misalnya dari Kementrian Perindustrian yang sudah menghubungi Bapak Dadet. Semoga event ini menjadi awal sinergi menuju Indonesia 4.0,” pungkas Bapak Zikky.

(hum/umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian