Surabaya, pens.ac.id – Pusat Perencanaan dan Pengembangan PENS mengadakan Sosialisasi SIRESA (Sistem Informasi Rencana Serapan Anggaran) Tahap Pertama pada Rabu (15/8) di Gedung Pascasarjana. Pengembangan SIRESA merupakan salah satu upaya dalam mendukung reformasi birokrasi, khususnya dalam meningkatkan akuntabilitas.

Saat ini pengajuan anggaran masih belum terdokumentasi dalam satu database. Sehingga akan kesulitan untuk melacak berapa banyak anggaran yang sudah terserap dan berapa sisa anggaran untuk program-program yang belum berjalan. SIRESA mencakup tiga tahap, yakni perencanaan, pengajuan, dan laporan pertanggungjawaban anggaran. “Saat ini yang diujicoba adalah tahap pengajuan. Sehingga kita segera tahu dimana kekurangannya. Para peserta cukup antusias, banyak pertanyaan dan masukan mengenai fitur yang perlu ditambahkan,” ujar Nana Ramadijanti, M. Kom. selaku Ketua Pusat Perencanaan dan Pengembangan PENS.

Setelah melalui beberapa tahap uji coba dan pengembangan, SIRESA direncanakan akan siap digunakan pada tahun depan. “Harapan kami apabila data terintegrasi maka akan mempermudah pelaporan. Pengembangan sistem informasi seperti ini akan meningkatkan akuntabilitas., dimana keduanya memang menjadi aspek penilaian dominan dalam akreditasi perguruan tinggi,” pungkas Ibu Nana.

(hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian