Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa PENS yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), berhasil lolos ke PIMNAS 2018 dengan menyuguhkan karya Kroesimo (Kursi Roda Elektrik Semi Otomatis). Kroesimo  dirancang khusus untuk penyandang tuna daksa , supaya mereka beraktifitas dengan mudah seperti orang normal pada umumnya. Banyak penyandang tuna daksa yang minder karena keterbatasan mereka terutama pada kaki. Harapannya, dengan kursi roda ini para penyandang tuna daksa lebih percaya diri.

Kroesimo karya dari Nur Alim Badriawan (Teknik Mekatronika),  M. Fahmi Ilma Suryanto (Teknik Mekatronika)  dan Aldila Sukarno Putri (Sistem Pembangkit Energi)  punya beberapa keunggulan, bisa digunakan  mengambil benda yang letaknya tinggi atau berjalan di tangga.

Nur Alim mengatakan,  kroesimo terinspirasi dari penelitian terdahulu, yaitu digunakan untuk duduk atau berjalan di tangga saja.  Kroesimo hadir dengan 2 fungsi sekaligus, yang dilengkapi remote control sebagai pengendali.

Kroesimo terdiri dari dua roda konvensional untuk bergerak di bidang datar dan  roda bebas untuk penyeimbang kursi. Dalam Kroasimo ada dua mekanisme, tracked-wheel dan linkage. Mekanisme Tracked-wheel  bentuknya seperti roda tank yang dibuat dari karet belt bergerigi untuk berjalan di atas tangga. Sedangkan Linkage merubah posisi duduk ke posisi berdiri” ujar Nur Alim.

(Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian