Riau, pens.ac.id – Terhitung sejak Kamis (9-12/8), PENS berpartisipasi dalam Ritech Expo 2018 di Pekanbaru, Riau dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-23 dengan tema Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi. Bersama dengan 26 Perguruan Tinggi undangan, PENS menempati stand no. 36, di bagian blok A, komplek Rumah Dinas Gubernur Riau. Event tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti kali ini sangat menarik untuk diikuti sekaligus menjadi unjuk pamer inovasi, riset serta teknologi yang telah dikembangkan masing-masing institusi. Tak hanya kampus, ada juga beberapa lembaga, balitbang, industri, mitra luar negeri dan asosiasi serta komunitas penggiat ristek.

“Tim PENS kali ini telah menyiapkan tenant binaan dari inkubator bisnis, yaitu ACROBOT 3D Digital Printing, KICO, DigiBook dan IoPORI. Sejak dibuka di hari pertama, stand kami cukup menarik perhatian pengunjung, dan sudah 2 hari ini kami tutup paling malam karena antusiasme pengunjung,” jelas Andri Suryandari, Kasubag Kerjasama dan Informasi yang turut mendampingi.

Menurut Andri, tak hanya pengunjung dewasa, adik-adik pun ingin mengetahui proses 3D printing, hingga mencoba membaca buku digital. Di sisi lain stand PENS, penggemar burung berkerumun mencoba alat KICO. Bahkan IoPORI yang konsentrasi terhadap konservasi tanah sudah habis produknya pasca acara dibuka oleh Menristekdikti. “Alhamdulillah di hari pertama produk kami sudah habis terbeli, bahkan sudah dipesan juga,” kata Mughnii, anggota tim IoPORI binaan inkubator bisnis PENS melalui sambungan telepon.

Berbagai acara yang ikut menyemarakkan gelaran Ritech Expo 2018 ini yaitu Seminar/ talkshow, demo produk, lomba-lomba, demo sains serta acara temu bisnis. Menambah wawasan serta mitra baru pastinya dan menjadi pengalaman berharga adik-adik calon inovator yang masih duduk di bangku sekolah.

Tarmizi, alumni D3 teknologi Multimedia Broadcasting PENS sekaligus CEO Digibook mengungkapkan kesannya mengikuti kegiatan ini. “Senang bisa sharing ilmu di event ini. Pengalaman yang baru sekaligus berharga karena bertemu dengan berbagai kalangan industri dan pemerintahan.” Tarmizi pun menambahkan, bahkan kemarin inkubator bisnis PENS menerima undangan untuk ikut pameran di Jawa Tengah dalam waktu dekat ini. “Yang jelas kami siap hadir pada undangan besok di Jawa Tengah” katanya. (ksi/ent)