Surabaya, pens.ac.id – Sebagai salah satu politeknik yang unggul di bidang teknologi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) senantiasa melakukan berbagai edukasi guna mengembangkan wawasan di bidang teknologi. Sebagai implementasi dari hal tersebut, Selasa (31/7) Program Studi (Prodi) Teknik Elektronika usai menggelar kuliah tamu bertajuk Perkembangan Sistem Embedded. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS, kuliah tamu ini bertujuan membuka wawasan mahasiswa mengenai perkembangan teknologi industri.

“Kuliah tamu ini diadakan agar para mahasiswa selalu upgrade wawasan mengenai perkembangan teknologi. Tentunya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari di perkuliahan. Sementara itu bagi para dosen juga bermanfaat untuk menyesuaikan materi pembelajaran saat ini dengan apa yang sedang berkembang di dunia industri. Kami juga sharing mengenai materi apa saja yang dipelajari di perguruan tinggi lain. Maka para narasumber yang dihadirkan pun mewakili akademisi dan praktisi,” terang Dr. Ing. Arif Irwansyah, S. T., M. Eng. selaku ketua panitia acara.

Resmi dibuka pukul 09.00 WIB, kuliah tamu ini diawali dengan sambutan dari Ketua Program Studi D4 Teknik Elektronika Ardik Wijayanto, ST., MT. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa kuliah tamu ini dapat lebih menambah wawasan mahasiswa mengenai isu apa yang saat ini terjadi di bidang teknologi industri. Dihadiri oleh 70 mahasiswa dan dosen dari Prodi Teknik Elektronika, mahasiswa tingkat akhir nampak mendominasi untuk hadir pada kesempatan kali ini.

Sebelum memasuki pemaparan materi, kuliah tamu diawali dengan pemaparan Curiculum Vitae (CV) dari dua pemateri yakni Agus Kurniawan, S.T., M.Si., Ph.D dari Fakultas Ilmu Komputer Univeristas Indonesia dan Ad’ham Yulyandari dari PT. Infoglobal. Dipandu oleh Ardik Wijayanto sebagai moderator, Agus Kurniawan, S.T., M.Si., Ph.D mendapat kesempatan pertama untuk memaparkan materi yang berjudul Embedded System & Development, Research and Commercial. “Poin penting dari materi saya sebenarnya adalah untuk mengurangi batasan antara mahasiswa dan industri,” ungkap Agus Kurniawan, S.T., M.Si., Ph.D.

Usai pemaparan sesi pertama, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh Ad’ham Yulyandari. Pada kesempatan ini, ia memaparkan materi yang berjudul Embedded System in Avionics. Dalam pemaparannya Ad’ham Yulyandari menyampaikan mengenai berbagai aplikasi atau peralatan elektronik di sistem aviasi serta keunggulan penggunaan teknologi FPGA. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta. (hum/tts/ani)