Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjelang wisuda 2018 terus berlanjut. Hari ini (24/7) mahasiswa program Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4) dari beberapa Program Studi (Prodi) di PENS mulai melakukan Seminar Proyek Akhir. Bertempat di beberapa ruangan pada masing-masing Prodi, kegiatan diikuti oleh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti seminar.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, peserta telah nampak berdatangan di kawasan PENS sejak pagi hari. Atribut khas pun dikenakan oleh masing-masing mahasiswa saat hendak memasuki ruang seminar. Tidak jarang pula, beberapa mahasiswa melakukan persiapan di sela-sela waktu menunggu giliran mereka memasuki ruangan.

Euphoria menjelang seminar ini tentu menjadi momen berkesan bagi masing-masing mahasiswa. Pasalnya, inilah yang nantinya akan menentukan kelulusan mereka. Merupakan seminar paling akhir sebelum menuju wisuda 2018 mendatang, menjadikan seminar ini memiliki kesan tersendiri bagi mahasiswa.

“Perasaan tidak tenang sih sudah terjadi sejak seminggu sebelum ujian, soalnya ujian ini kan penentu,” Ungkap salah satu mahasiswa, M. Chandra Harsyawardana. Ia juga mengungkapkan bahwa ujian di kampus PENS cukup berbeda dengan di kampus lain. Pasalnya mahasiswa di PENS kebanyakan diharuskan membuat sebuah alat atau produk yang nantinya akan dipresentasikan didepan tiga dosen penguji sebagai proyek akhir mereka.

Pada seminar ini, mahasiswa akan mempresentasikan proyek akhir mereka di hadapan tiga dosen penguji menggunakan bahasa inggris. Usai mendapat berbagai pertanyaan dan masukan, dosen penguji pun memberikan revisi demi penyempurnaan proyek akhir mereka. M. Chandra Harsyawardana pun menambahkan bahwa ia berharap agar semua mahasiswa diberi kelancaran. “Semoga semua diberi kelancaran, agar nanti bisa wisuda satu gedung,” ungkapnya. (tts/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian