Surabaya, pens.ac.id – Pengawalan Ksatria Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 31 kali ini telah sampai pada tahap Monitoring dan Evaluasi (Monev) Eksternal. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali ditunjuk sebagai Perguruan Tinggi penyelenggara dalam kegiatan ini oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS, Rabu (18/07), telai usai terselenggara pembukaan secara resmi oleh Direktur PENS yang dihadiri oleh beberapa dosen, reviewers dan juga mahasiswa. Tidak hanya diikuti oleh mahasiswa PENS, kegiatan yang digelar selama tiga hari (18-20/07) ini juga dihadiri oleh mahasiswa yang datang dari beberapa perguruan tinggi di Surabaya.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Ir. Anang Budikarso, MT. Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T, MT. juga turut memberikan sambutan. Di kesempatan yang sama, Zainal menyampaikan bahwa menurunnya PKM yang didanai bukan berarti sebuah penurunan bagi PENS, karena PENS melihat dari segi kualitas, bukan kuantitas. “Semoga tim-tim pilihan ini nantinya bisa memberikan presentasi yang terbaik kepada para juri yang hadir. Semoga bisa menuangkan ide – idenya dan memberikan motivasi kepada adik-adik mahasiswa nantinya,” imbuh Zainal.

Di hari pertama setelah pembukaan berlangsung, peserta diarahkan untuk menempati Gedung Pascasarjana lantai 4 dan 5 untuk mempresentasikan hasil karyanya. Presentasi diutamakan kepada peserta PKM non PENS terlebih dahulu. Sebanyak 121 tim nampak antusias mempresentasikan karyanya. 91 diantaranya berasal dari mahasiswa PENS, dan 30 lainnya berasal dari perguruan tinggi non PENS. Adapun kriteria yang dinilai meliputi target kesesuian, metode, ketercapaian, Keberlanjutan PKM nantinya, administrasi, dan juga laporan maupun data pendukung lainnya.

Selain presentasi oleh peserta PKM, Monev Eksternal juga menyuguhkan pameran Expo PKM yang menunjukkan ragam kreativitas mahasiswa yang telah dibuat. Momen yang menempati lantai 1 Gedung Pascasarjana tersebut berlangsung pada hari kedua dan ketiga. Monev Eksternal kali ini ditutup dengan pengumuman pemenang lima Expo PKM terfavorit.

Diharapkan dengan adanya Monev Eksternal ini, wawasan peserta PKM khususnya mahasiswa PENS sendiri semakin terbuka lebar dan dapat termotivasi untuk mengembangkan hasil PKM masing-masing. “Jadi saya ingin mereka mengembangkan terus supaya dapat lebih bermanfaat untuk masyarakat kedepannya. Mudah-mudahan Monev Eksternal di PENS ini ada yang jadi finalis, karena saya lihat sudah banyak yang layak untuk maju ke PIMNAS 31 nantinya,” Ungkap Ir. Edi Suryanto, M.Sc, Ph.D reviewers asal Universitas Gadjah Mada. (dya/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian