Surabaya, pens.ac.id – Era revolusi industri 4.0 bisa diartikan sebagai era Cyberphysical System (CPS) yang menjadikan teknologi sudah tertanam pada kehidupan masyarakat. Menghadapi era tersebut, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar Workshop STM32 Cube dan LoRa pada Kamis, (19/7). Tidak tanggung, PENS mandatangkan pemateri dari perusahaan semikonduktor terbesar di dunia STMicroelectronics, Chin Leyan, S.T.

Kegiatan yang menempati Laboratorium Factory Automation tersebut, merupakan hasil kerjasama PENS dengan STMicroelectronics Asia Pasific. Workshop kali ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan teknisi industri yang ada di sekitar PENS. Kegiatan dibuka dengan pemaparan profil STMicroelectronics yang merupakan perusahaan penyedia produk dan solusi cerdas serta hemat energi berupa semikonduktor.

Dalam momen ini, Chin Leyan, S.T., yang bekerja sebagai Senior Field Application Engineer di STMicroelectronics menjelaskan secara mendalam tentang STM32 Cube dan LoRa. Turut dijelaskan pula bagaimana penerapan keduanya di kehidupan sehari-hari. LoRa sendiri merupakan sistem komunikasi wireless untuk Internet of Things (IoT), yang menawarkan komunikasi jarak jauh dan berdaya rendah. Sedangkan STM32 Cube berfungsi sebagai microcontroller-nya. “Perangkat ini dapat memudahkan developer untuk mengembangkan Smart City,” terang Chin.

Selain pemaparan materi, peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktekkan langsung dengan didampingi Giga Team. Peserta pun tampak antusias mengutak-atik perangkat yang disediakan. Usai menjajal penerapan LoRa, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang sekaligus menjadi penutup acara.

Diharapkan dengan diadakannya workshop ini dapat membangun ekosistem IoT di lingkungan PENS. “Kegiatan ini menyambut grand dari pemerintah yang diberikan kepada PENS untuk mengembangkan big data. Big data itu bersumber dari IoT. Sehingga, diharapkan dosen dan mahasiswa dapat membangun ekosistem yang based on IoT,” ungkap Dr. Ir. Anang Tjahjono, M.T., selaku penanggung jawab kegiatan. (mus/hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian