Surabaya, 15 Juli 2018

Anak merupakan aset yang sangat berharga bagi orang tua. Namun, saat ini para orang tua dihadapkan pada tantangan perkembangan jaman, salah satunya adalah kemunculan gadget. Menyadari hal tersebut, PENS dalam rangka memperingati dies natalis ke-30 menyelenggarakan Seminar Parenting dengan tema “Menyiapkan Generasi Produktif di Era Gadget Mania” pada Minggu (15/7).

Acara digelar di Auditorium Gedung Pascasarjana dengan menghadirkan Muhammad Fauzil Adhim, S.Psi., seorang penulis buku-buku best seller tentang parenting dan pernikahan. Dalam paparannya dijelaskan bahwa para orang tua harus berkomitmen untuk bersedia mendampingi anak mereka dalam segala keadaan. Termasuk di dalamnya yakni bagaimana mengenalkan dan memanfaatkan gadget secara bijak. “Ini hanya awalan, kita tidak akan bisa cukup memahami dengan sangat matang hanya dari mengikuti satu seminar ke seminar yang lain. Kita perlu menyiapkan waktu untuk duduk, mengkaji ilmu dari orang-orang yang memiliki kapasitas untuk itu. Dengan itulah maka kita tidak gugup dalam menghadapi segala situasi, karena panduan hidup di jaman apapun sudah ada, sudah jelas, dan tidak berubah,” ungkap Bapak Fauzil.

Ratusan peserta dari dalam maupun dari luar PENS menghadiri acara seminar tersebut. Umi Sa’adah, S.Kom., M.Kom, selaku ketua panitia acara, menuturkan bahwa acara seperti ini merupakan momen untuk para orang tua belajar. “Dari aspek sosial juga bahwa forum ini untuk mendidik dan memberikan kesempatan kepada orang tua di luar sana untuk belajar,” tambahnya. Sementara itu, salah satu peserta seminar, Ibu Devi Rosita, mengaku mendapatkan banyak pengetahuan baru dari acara seminar tersebut. “Salah satunya adalah bagaimana mengisi waktu anak dengan kegiatan yang dapat mempengaruhi jiwa anak, bukan sekedar aktivitas otak dan fisik saja,” tambahnya.

(hum/ksi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian