Surabaya, 14 Juli 2018

Setelah membuka jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK-PN) dan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) pada beberapa waktu lalu, PENS kembali menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri (SIMANDIRI). SIMANDIRI menjadi jalur terakhir bagi para siswa lulusan SMA/SMK yang ingin menempuh studi di PENS. Sampai dengan hari terakhir pendaftaran, tercatat jumlah pendaftar sudah mencapai angka 1.695.

“Jumlah peserta jalur mandiri tahun ini jelas mengalami peningkatan dari tahun lalu, yang diikuti sekitar 1.090 peserta. Peserta dapat memilih empat program studi yang diminati,” ujar Dr. Indra Adji Sulistijono, selaku Wakil Direktur 1 Bidang Akademik. Sementara jumlah kursi yang disediakan untuk jalur SIMANDIRI adalah kurang lebih 20 persen dari total 750 mahasiswa baru yang diterima oleh PENS pada tahun ini. Dari paparan tersebut, dapat dikatakan para peserta harus bersaing secara ketat untuk diterima sebagai mahasiswa PENS.

Sementara itu, PENS menyiapkan 65 ruangan untuk menampung ribuan jumlah peserta tes SIMANDIRI. Dalam seleksi ini para peserta diberi waktu 150 menit untuk mengerjakan soal, yang terbagi dalam empat bidang, yakni matematika, fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Mengenai program studi yang paling diminati pada jalur SIMANDIRI tahun ini, Dr. Indra Adji menyampaikan bahwa Teknik Informatika masih menjadi primadona.

(hum/ksi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian