Surabaya, 13 Juli 2018

Prestasi gemilang berhasil didulang PENS dalam berbagai kompetisi. Salah satunya pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Tingkat Nasional yang diselenggarakan pada 10-13 Juli 2018 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Tim robot PENS meraih prestasi membanggakan di tiga divisi sekaligus. EROS berhasil meraih juara pertama divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid setelah menumbangkan BARELANG FC dari Politeknik Negeri Batam. Sementara itu, EILERO berada di peringkat ketiga pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI). Pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), ERISA dinyatakan menempati posisi ketiga setelah akumulasi nilai di putaran final.

Sementara itu Gilang Heru Kencana, mahasiswa semester empat pada program studi D4 Teknik Telekomunikasi, telah membawa nama PENS pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional (Pilmapres) 2018 yang digelar di Solo pada 9-12 Juli 2018 lalu. Melalui karya tulis ilmiahnya yang berjudul “Prototipe Pengolah Sampah Plastik menjadi Filamen 3D Printer”, ia berhasil menduduki posisi terbaik ketiga nasional pada kategori diploma. PENS bersanding dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan Universitas Negeri Yogyakarta di posisi pertama dan kedua. Sedangkan untuk kategori sarjana, posisi teratas diraih berturut-turut oleh Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). “Alhamdulillah, prestasi yang membanggakan. PENS menjadi satu-satunya wakil politeknik yang berhasil menjuarai Pilmapres 2018, bersanding dengan kalangan universitas,” kata Dr. Zainal Arief, ST MT Direktur.

Meski belum berhasil memenangi kategori lainnya di KRI, namun prestasi ini patut dihargai. “Saya yakin tim sudah mengupayakan yang terbaik. Semoga tahun depan kita dapat berpartisipasi dan meraih prestasi lebih baik lagi,”imbuhnya.

Selamat untuk para pemenang dari segenap civitas akademika PENS. Prestasi yang berhasil dicapai merupakan hadiah yang manis untuk Dies Natalis ke-30 PENS.

(hum, ksi)