Yogyakarta, pens.ac.id – Menjelang malam, Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) semakin panas (12/7). Pertandingan pada masing-masing divisi pun semakin sengit. Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki salah satunya.

EILERO robot pemadam api Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melaksanakan putaran kedua nya pada sore ini. Usai dengan pengecekan robot dan pengaturan konfigurasi arena, EILERO berkesempatan untuk menjadi peserta yang pertama mencoba arena B. Bersanding dengan ABINARA-1 asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), EILERO memulai start dengan kurang baik.

Usai dibunyikannya suara perintah, EILERO pun merespon dengan berjalan. Namun saat hendak keluar dari bilik, EILERO mengalami kesulitan. Berulang kali EILERO menabrak tembok bilik. Meskipun demikian tak mematahkan semangat robot EILERO. Ia pun kembali ke arah awalnya dan memulai ulang perjalanan.

Pada percobaan ini EILERO berhasil keluar dari bilik awal. Ia pun berjalan di arena dan mencari sumber api. Tak perlu waktu lama bagi EILERO untuk menemukan dan memadamkan sumber api tersebut. Usai memadamkan api EILERO berjalan untuk melakukan return trip namun sayangnya masih belum berhasil dikarenakan EILERO memasuki bilik yang salah dan terus berputar disana. Diharapkan EILERO dapat meningkatkan performanya pada pertandingan esok hari. (ENTCrews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian