Yogyakarta, pens.ac.id – Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018 masih terus berlangsung. Bertempat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kontes ini diikuti oleh 91 tim dari 43 Perguruan Tinggi berbeda termasuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Memasuki hari ketiga (12/7), kegiatan dilanjutkan dengan pertandingan setelah sebelumnya dilakukan running test.

Dalam kesempatan ini PENS berhasil meloloskan kelima robotnya untuk bertanding di kancah Nasional, EILERO salah satunya. Robot yang berada pada Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki ini berkesempatan untuk memulai pertandingan pada divisinya. Berada pada arena B, bersanding dengan tim ABINARA-1 asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) EILERO nampak sigap dalam mengawali langkahnya.

Usai suara dibunyikan, EILERO segera menerima perintah suara tersebut dan mulai berjalan. Bilik pertama yang dilalui EILERO tidak terdapat sumber api. Dalam hal ini EILERO memutari semua bilik yang ada pada arena, dan bilik terakhirlah yang terdapat seumber api.

EILERO dapat mendeteksi sumber api tersebut meskipun dalam jarak yang sedikit jauh. Dengan sigap EILERO menyemburkan gas nya ke arah lilin dan dalam sekejap api pun padam. Dalam mematikan api ini EILERO membutuhkan waktu 44.4 detik. Setelah mematikan EILERO pun melakukan return trip dan berhasil sampai pada zona awal pada detik ke 14.4. Diharapkan performa EILERO dapat terus meningkat di setiap pertandingan yang ada. (ENTCrews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian