Yogyakarta, pens.ac.id – Hari ini, Selasa (11/7) tengah berlangsung serangkaian acara dari Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018. Bertempat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), kontes bergengsi ini diikuti oleh 91 tim dari 43 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tentu saja turut andil dalam kontes ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PENS berhasil meloloskan kelima robotnya pada KRI Regional IV lalu, sehingga berkesempatan untuk mengikuti KRI Nasional.

Usai dengan technical meeting yang diselenggarakan pada pagi tadi, kegiatan dilanjutkan dengan running test untuk masing-masing divisi. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) salah satunya. PENSAE, robot asal PENS berkesempatan untuk melakukan running test pada urutan kedua. Dimulai pukul 14.00 WIB, dalam running test kali ini para peserta diberikan waktu 10 menit. Yakni 5 menit di area biru dan 5 menit di area merah.

PENSAE berkesempatan untuk mencoba arena biru terlebih dahulu. Dengan sigap tim PENSAE mempersiapkan robotnya. Running test pun dimulai dimana robot dicoba untuk arena yang sebenarnya. Dalam running test ini, PENSAE beberapa kali berhasil memasukkan shuttle cock ke Normal Ring dan Goldeng Ring, namun belum dapat mencapai Rong Bay.

Nampak beberapa kendala yang dialami oleh PENSAE pada running test ini. Meskipun demikian, diharapkan PENSAE dapat segera beradaptasi dengan lapangan yang sesungguhnya. Sehigga pada running test selanjutnya dapat tampil dengan lebih prima dan menunjukkan hasil yang terbaik pada pertandingan esok. (ENTCrews)