Yogyakarta, pens.ac.id – Kontes Robot Indonesia Nasional 2018 kembali digelar. Kali ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkesempatan untuk menjadi tuan rumah pada kontes bergengsi ini. Berlangsung selama empat hari, terhitung sejak Selasa hingga Jumat (10-13/7) kegiatan ini diawali dengan symposium yang telah usai diselenggarakan pada Selasa lalu, dan dilanjutkan dengan running test pada hari kedua (11/7). Seperti biasa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) turut berpartisipasi pada kontes berskala Nasional ini dengan mengirimkan kelima robotnya. Salah satunya adalah EEPIS Intelligent Leg Robot (EILERO) yang berada pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki.

Running Test sendiri dibagi menjadi tiga sesi dimana sesi pertama dimulai pada pukul 13.00 WIB. Mendapat kesempatan untuk menjadi tim yang melakukan running test pada urutan kedua, EILERO berada pada arena B bersanding dengan tim asal tetangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dalam running test pertama ini seluruh tim diberikan waktu lima menit untuk melakukan kalibrasi. Tim EILERO tentu saja memanfaatkan hal ini dengan baik.

Anggota tim EILERO memulai dengan melakukan pendaftaran, dan juga pengukuran robot sesuai dengan prosedur yang ada. Usai dengan pendaftaran, EILERO ditempatkan pada beberapa spot arena dan anggota tim pun memulai pengambilan data yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, salah satu anggota tim juga melakukan pengukuran arena, tentu saja hal ini dibutuhkan untuk pengaturan yang akan diberikan pada EILERO agar terbiasa dengan arena yang sesungguhnya.

EILERO juga sempat berjalan melewati bilik yang ada. Robot yang memiliki empat kaki ini nampak lincah melewati arena perlombaan. Berbagai persiapan tentu telah dilakukan oleh tim EILERO. Diharapkan EILERO dapat beradaptasi dengan arena sehingga dapat menunjukkan performa yang apik pada pertandingan sesungguhnya pada esok hari. (ENTcrews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian