Yogyakarta, pens.ac.id – Pelaksanaan running test di hari kedua (11/7) pelaksanaan Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018 masih terus berlanjut. Kelima robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang mengikuti acara tahunan ini pun memaksimalkan kesempatan running test yang diberikan. Hal ini tersebut juga berlaku pada tim PENSAE yang terus mengasah performa robot mereka pada tiga kali running test yang dijalani.

Jika pada running test pertama robot PENSAE berhasil memasukkan beberapa shuttle cock pada Normal Ring dan Golden Ring, hal yang berbeda terjadi pada running test kedua. Pasalnya, PENSAE mengalami beberapa kendala teknis yang membuatnya tidak bisa memasukkan shuttle cock sama sekali. Namun, hal tersebut tidak membuat semangat tim PENSAE padam. Terbukti pada kesempatan selanjutnya, robot yang digawangi delapan mahasiswa ini berhasil memperbaiki performa mereka.

Hal tersebut terbukti saat PENSAE menjalani running test ketiga. Setelah beberapa kali sempat alami kendala, PENSAE akhirnya tetap berhasil memasukkan empat shuttle cock pada Normal Ring. Hal ini menunjukkan bahwa PENSAE melakukan banyak evaluasi dan perbaikan dibanding running test sebelumnya. Meskipun belum bisa mencapai Rong Bay, diharapkan PENSAE dapat terus memperbaiki performa mereka, dan dapat menghasilkan penampilan terbaik di pertandingan KRI esok.   (ENTCrews)