Yogyakarta, pens.ac.id – Bertempat di Sportorum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), running test pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018 masih terus berlangsung (11/7). Sejak siang tadi robot para peserta terus bergantian untuk melaksanakan running test. Tak terkecuali robot asal PENS, EILERO.

EILERO merupakan robot PENS yang berada pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki. Memasuki sesi ketiga EILERO nampak terus memperbaiki performanya. Dalam kesempatan ini, EILERO memiliki waktu 5 menit untuk melakukan running test.

Diawali dengan pendaftaran, tim EILERO melanjutkan dengan kalibrasi. Berulang kali tim EILERO mengambil data untuk beberapa spot yang ada pada arena. Hal ini tentu saja penting guna memaksimalkan efisiensi gerak dari EILERO. Tidak hanya melakukan pengambilan data, tim EILERO pun mencoba untuk menjalankan robotnya.

Sejak awal dinyalakan EILERO lincah berjalan menyusuri arena untuk mencari sember api yang dalam hal ini adalah lilin yang dinyalakan. Sempat beberapa kali mengalami kesalahan karena melakukan return padahal belum mematikan api tak mematahkan semangat tim EILERO. Perbaikan terus dilakukan, hingga pada detik ke 283 EILERO berhasil memdamkan api. Diharapkan performa EILERO dapat terus berkembang dan meningkatkan kecepatannya dalam menyelesaikan misi. (ENTCrews)