Yogyakarta, pens.ac.id – Terhitung sejak hari ini (10/7) serangkaian kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018 sudah dimulai. Bertempat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kegiatan diawali dengan simposium bertajuk The 6th Indonesian Symposium on Robotic System and Control (ISRSC) 2018. Merupakan salah satu ajang sharing pengetahuan bagi peserta, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang diwakili tim EROS dan ERSOW pun turut ambil bagian pada Parallel Session ISRSC 2018.

Diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan Keynote Speeches yang menghadirkan dua Keynote Speaker yakni Dr. Eng. Adha Imam Cahyadi, ST., M.Eng. dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Whidi Krisna Kusuma dari PT. ABB Sakti Industri. Usai berakhirnya Keynote Speeches, para peserta simposium dibagi ke sembilan ruangan untuk melaksanakan Parallel Session. Pada kesempatan ini, masing-masing perwakilan tim EROS dan ERSOW mempresentasikan sebuah makalah terkait penelitian pada robot mereka.

Tim EROS yang diwakili Aulia Khilmi Rizgi memaparkan mengenai makalah mereka yang berjudul Implementation of Stepping Strategy for Balance Recovery in EROS Humanoid Robot. “Penelitian ini mengenai pengimplementasian stepping strategy pada EROS,” ungkap salah satu anggota EROS yakni Aulia Khilmi Rizgi. Ia pun menambahkan bahwa dengan pengaplikasian stepping strategy, robot EROS bisa mempertahankan tubuhnya dua kali lebih baik saat terjadi tabrakan.

Tidak hanya itu, tim ERSOW pun turut memaparkan makalah mengenai Penentuan Posisi Robot Menggunakan Odometry Omniwheel yang mereka terapkan pada ERSOW. Usai seluruh penjabaran dari masing-masing peserta, Parallel Sessions diakhiri dengan sesi tanya jawab di akhir presentasi. Selain dapat menambah pengetahuan mengenai sistem dan kontrol robot, kegiatan ini juga merupakan ajang tukar informasi mengenai teknologi pada masing-masing robot yang mereka miliki. (ENTcrews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian