Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai melaksanakan pekan Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Berlangsung di Kampus PENS, ujian terjadwal selama sepekan terhitung mulai hari Senin (2/7). Diadakan usai Liburan Hari Raya Idul Fitri, mahasiswa tetap mengerahkan usaha maksimalnya untuk menghadapi UAS kali ini.

Pelaksanaan kegiatan yang merupakan bentuk evaluasi terhadap hasil belajar mahasiswa ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pagi yang berlangsung mulai pukul 08.00-12.00 WIB diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Diploma IV kecuali Teknik Komputer dan Teknologi Game. Kedua program studi tersebut, bersama seluruh program studi Diploma III, melaksanakan ujian pada sesi siang yang dilangsungkan pada pukul 13.00-17.30 WIB.

Tiap harinya, terdapat maksimal dua mata kuliah yang diujikan. Secara umum, mata kuliah yang diujikan pada semester genap lebih sedikit daripada semester ganjil. Mata kuliah yang lebih sedikit tersebut tidak semata-mata membuat ujian lebih mudah. “Yang diujikan lebih sedikit, tapi materinya juga semua lebih susah dan menantang,” tukas seorang mahasiswi Teknik Telekomunikasi, Isna Yaumirrahma.

Waktu ujian yang dilaksanakan usai liburan, membuat mahasiswa kesulitan untuk melakukan kegiatan belajar bersama yang biasanya dilakukan menjelang ujian. Liburan Hari Raya  Idul Fitri pun dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk melakukan persiapan ujian dengan matang. “Kemarin pulang kampung, lebaran di rumah, dan ya, mau nggak mau, menyempatkan belajar juga ditengah-tengan suasana lebaran,” imbuh Isna.

Dengan digelarnya kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa ini, diharapkan dapat memicu semangat mahasiswa untuk lebih memahami apa yang telah dipelajari selama semester ini. dengan tekad dan usaha, diharapkan mahasiswa dapat mendapat hasil yang terbaik untuk ujian ini. “Karena sudah usaha, jadi sekarang tinggal berdoa saja supaya dapat hasil yang baik, dan IPK meningkat dari semester lalu,” tutur Isna. (res/ani)