Surabaya, pens.ac.id – Usai melaksanakan kewajiban berpuasa di Bulan Ramadhan, Umat Islam di seluruh dunia menyambut kedatangan hari kemenangan, yakni Idul Fitri 1493 H yang jatuh pada 15 Juni 2018. Turut rayakan momen 1 Syawal ini, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) adakan kegiatan silaturahim dan halal bihalal pada Rabu (20/6). Bertempat di Ruang Auditorium Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan ini turut mengundang lebih dari 300 dosen serta karyawan PENS beserta keluarganya.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan penampilan grup musik yang membawakan lagu-lagu religi. Usai pembukaan oleh MC, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. “Acara ini sebagai sarana atau media untuk memperkuat nilai-nilai yang ada di PENS yang tetap kita jaga, berlangsung, dan terpelihara, yaitu nilai kebersamaan, kedewasaan, dan untuk terus semangat maju meningkatkan kapasitas diri dan institusi,” pungkasnya.

Ayat suci Al-Qur’an juga turut dilantunkan dengan merdu pada kesempatan ini. Tidak hanya itu, juga dihadirkan KH. Rifqi Bukhori, S.Ag. untuk memberikan tausyiah kepada para tamu undangan. Dalam kesempatan ini KH. Rifqi Bukhori, S.Ag. menekankan betapa pentingnya untuk tetap menjaga kualitas iman dan taqwa setelah berakhirnya bulan Ramadhan. Mengingat bahwa seorang muslim harus selalu menjaga ibadahnya secara vertikal atau spiritual dan secara horizontal atau sosial. Materi disampaikan secara santai, sehingga membuat ceramah yang disampaikan jauh dari kesan kaku.

Usai tausyiah dan doa bersama, para tamu undangan saling bersalaman untuk bermaaf-maafan di momentum yang fitri ini. Kegiatan semakin diramaikan dengan adanya pembagian door prize. Sepeda, dua buah setrika, panci presto, serta kipas angin turut dibagikan pada lima orang hadirin yang beruntung. “Bagi saya pribadi sangat menyenangkan, ya, karena kita bisa berkumpul, bertemu, dan saling memaafkan di momen berbahagia seperti ini,” ujar salah satu hadirin yang juga merupakan dosen pengajar PENS, Akhmad Subhan KH., S.T., M.T.

Ramah tamah serta makan siang menjadi penutup kegiatan yang rutin digelar tahunan ini. “Tahun ini lebih meriah, yang datang lebih banyak dari tahun lalu. Alhamdulillah bisa dapat kajian juga. Semoga tahun-tahun kedepan teman-teman PENS bisa lebih banyak lagi yang hadir jadi bisa berkumpul semua,” imbuhnya. Berkumpulnya keluarga besar PENS ini diharapkan mampu menjadi momen yang bermakna dan dapat menjadi modal untuk PENS yang lebih baik di masa depan. (res/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian