Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan Aksi Peduli Lingkungan (APEL) kembali digelar oleh Kementerian Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (BEM PENS).  Senin (4/6), usai dilaksanakan Opening APEL yang bertempat di Depan Perpustakaan Gedung D3 PENS. Bertepatan pada Bulan Ramadhan, pada Opening APEL ini tidak hanya dilakukan penukaran botol, namun juga turut dibagikan makanan berbuka puasa untuk 25 penukar pertama.

Mengusung tema Save a Nature (SAVANA), kegiatan yang diadakan rutin tiap tahunnya ini merupakan upaya dalam menumbuhkan rasa peduli lingkungan di kalangan civitas akademika. Pada era digital ini, tidak dapat dipungkiri bahwa masih jarang dijumpa aksi ataupun tindakan nyata terutama dari kalangan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah lingkungan.  “Tujuannya yaitu meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat khususnya civitas akademika PENS untuk lebih menjaga lingkungan sekitar supaya bebas sampah,” ujar Umi Rotul Marwiyah selaku penanggung jawab kegiatan.

Pada Opening kali ini, dilakukan penukaran tujuh buah botol plastik bekas dengan satu buah botol cantik. Tidak hanya itu, dalam momentum Ramadhan ini, juga dibagikan sebanyak 25 paket makanan buka puasa untuk 25 penukar pertama. Terlihat sejumlah gerombolan mahasiswa yang berkumpul di lokasi penukaran untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Bertepatan pada Bulan Ramadhan merupakan tantangan tersendiri untuk menarik partisipasi mahasiswa. “Kebetulan ini APEL-nya di Bulan Ramadhan, jadi mungkin banyak mahasiswa yang nggak ada botol buat ditukarkan,” ucap Umi. Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ini tetap patut diapresiasi karena hal itu telah menunjukkan langkah awal untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Tidak hanya penukaran botol, pada kesempatan ini juga dijelaskan mengenai serangkaian kegiatan APEL. BEM PENS nantinya akan menyediakan Bank Sampah dimana mahasiswa dapat membuang sampah botol, Koran, ataupun barang bekas yang bernilai jual. “Selain tukar botol dan Bank Sampah, nanti juga akan ada APEL Goes To Car Free Day, dan juga akan ada aksi peduli lingkungan di lingkungan eksternal,” tutur Umi. Dengan diadakannya kegiatan ini, Mahasiswa PENS diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan lingkungan dimulai dari lingkungan kampus yang, nantinya juga dapat diterapkan di lingkungan masyarakat. (res/ani)