Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka meningkatkan semangat berbagi dengan sesama, Kementerian Sosial Masyarakat (Sosmas) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 2018, kembali menggelar Bakti Sosial (Baksos). Bakti Sosial kali ini bertajuk Serabi yang memiliki kepanjangan “Senangnya Ramadhan Berbagi”. Bertepatan di bulan ramadhan, baksos ini dilaksanakan bersama anak-anak panti asuhan Al-Hasyimi pada Sabtu (2/6).

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana yakni Siaga Whiky, yang dilanjutkan oleh bapak Sholeh selaku pengurus panti asuhan. Dalam kesempatan ini Siaga mengungkapkan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. “Ramadhan ini adalah bulan yang mulia, dan penuh berkah, oleh sebab itu kita harus senantiasa memanfaatkan waktu ini untuk berbagi kepada masyarakat  yang membutuhkan, salah satunya ialah memberi santunan ke panti asuhan,” imbuhnya.

Ditengah acara, dilakukan pula ice breaking untuk mengundang canda tawa serta menjalin kebersamaan antara mahasiswa PENS dengan anak panti asuhan tersebut. Kemudian pembagian kelompok pun dilakukan sesuai arahan pembawa acara. Selanjutnya  untuk membangun suasana yang meriah, terdapat beberapa lomba yang turut diadakan. Diantaranya lomba adzan, tilawah, serta pembacaan surat pendek secara acak.

Saat pengumuman pemenang dan pembagian hadiah, seluruh anak dari panti tersebut tampak gembira mendapat hadiah yang telah diberikan. Tidak lupa juga, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada pihak panti yang diwakili oleh salah satu anak yang tinggal di panti tersebut. Bantuan yang diberikan ini merupakan hasil penggalangan dana yang telah dilakukan sebelumnya. Serangkaian acara, ditutup dengan pembacaan doa, berfoto, dan juga buka puasa bersama. (umi/ani)