Surabaya, pens.ac.id – ​Mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri, merupakan impian mayoritas mahasiswa. Institut Francais Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) International Cooperation Office (PICO) usai menyelenggarakan sosialisasi bertajuk “Bonjour France” Study and Scholarship Abroad pada Kamis (31/5). Berlangsung sejak pukul 12.30 WIB, sosialisasi perdana ini bertempat di Gedung Teater D3 PENS.

Diikuti oleh 94 mahasiswa PENS dari berbagai jurusan, sosialisasi kali ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Indra Adji Sulistijono, S.T., M.Eng. selaku Wakil Direktur Bidang Akademik. Selanjutnya, seluruh peserta langsung mendapat pemaparan materi mengenai pendidikan di Prancis dari pemateri yang berasal dari IFI. Pada momen itu, mereka diberi berbagai informasi mengenai beasiswa pendidikan serta seluk beluk perkuliahan di Prancis.

Tidak berhenti sampai disitu, pada sesi selanjutnya para peserta yang hadir kedatangan tamu menarik. Dua mahasiswa Prancis khusus dihadirkan guna membagikan pengalaman mereka kepada seluruh peserta. Kedua mahasiswa itu pun juga tidak segan memberi berbagai informasi mengenai besarnya biaya hidup dan perkuliahan di Prancis.

Antusiasme semakin tampak saat di akhir acara terdapat sesi tanya jawab secara langsung. “Sosialisasi ini sangat membantu semua mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke luar negeri, khususnya ke Prancis,” ungkap penanggung jawab acara Ely Rahmawati. Menurutnya dengan adanya sosialisasi semacam ini secara berkelanjutan, mahasiswa bisa lebih tahu mengenai hal-hal yang harus mereka persiapkan. “Harapan kedepannya, PICO bisa menyelenggarakan sosialisasi seperti ini secara rutin, dan menjembatani mahasiswa PENS yang ingin go internasional,” imbuh Ely. (tts/ani)