Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tengah mempersiapkan 83 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk tahap selanjutnya menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS). Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PENS telah usai menggelar monev internal 1 pada Rabu (30/5). Berlokasi di Gedung D4 PENS, kegiatan ini dimulai pada pukul 15.30 WIB.

Monev Internal 1 tersebut merupakan pembekalan untuk mahasiswa PENS menuju PIMNAS tahun ini. Beberapa hal yang dilakukan oleh setiap tim yakni melakukan presentasi progress program yang dikerjakan dan memberikan hardfile mengenai program tersebut. Terdapat sepuluh kelas yang digunakan diantaranya ruang A-301 hingga A-304, kemudian B-301 hingga B-305 dan juga B-201. Setiap ruangan diisi sebanyak delapan tim yang terbagi menjadi dua sesi, dimana setiap sesinya sejumlah empat tim masuk kedalam ruangan dan bersiap untuk melakukan pemaparan program.

Presentasi dan tanya jawab dalam monev ini berdurasi selama 15 menit. Yang mana setiap tim berkesempatan presentasi selama tujuh menit dan delapan menit untuk tanya jawab. Tim yang melakukan presentasi dinilai oleh satu dosen yang menjadi juri. Halimatus Sa’dyah, S.Kom, M.Kom selaku salah satu juri mengungkapkan bahwa presentasi yang baik dalam PIMNAS adalah yang sesuai dengan parameter dewan juri, beberapa diantaranya adalah latar belakang yang diperkuat dengan data, metodologinya jelas, dan indikator keberhasilan program juga jelas.

Setiap tim yang telah melakukan presentasi tampak serius mendengarkan saran yang diberikan oleh juri untuk melakukan perbaikan. Total proposal yang lolos pendanaan dan mengikuti pembekalan ini diantaranya PKM-Kewirausahaan (1 proposal), PKM-Pengabdian Masyarakat (4 proposal), PKM-Penelitian Eksakta (21 proposal), PKM Teknologi (9 proposal), dan PKM- Karsa Cipta (48 proposal).  “PENS ini produknya bagus, semoga saja di PIMNAS kali ini bisa memperoleh medali emas,” imbuhnya. (umi/ani)

 

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian