Surabaya, pens.ac.id – Ujian Masuk Jalur Kerjasama Perusahaan Listrik Negara (PLN) tahun 2018 tahap pertama usai diselenggarakan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada Sabtu (26/5). Sebanyak 66 ruang kelas yang terletak di Gedung D3, D4 dan Pascasarjana PENS digunakan sebagai  tempat berlangsungnya tes akademik tersebut. Berlangsung sejak pukul 08.00 WIB, jumlah pendaftar Program Diploma 3 Kerjasama PLN (D3KPLN) tiap tahunnya semakin meningkat. Tahun ini, pendaftar yang lolos tahap administrasi pendaftaran menembus 1329 peserta.

“Tahun ini saya rasa peminatnya semakin banyak ya, tahun kemarin dari 1184 pendaftar yang berhasil menyelesaikan administrasi sebanyak 1162 peserta. Sedangkan ditahun ini bisa mencapai 1329 peserta dari total 1349 siswa yang mendaftar,” tutur Pindharwati Bandianingsih, Kepala Bagian Akademik Kemahasiswaan PENS. Program Kelas Ikatan Dinas PLN yang telah ada sejak tahun 2016  ini adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang merupakan bentuk kerjasama antara PT.PLN (Persero) dengan pihak PENS. Tentunya program tersebut bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan standar kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan PT.PLN (Persero).

Dalam momen kali ini para peserta diberikan waktu 150 menit untuk mengerjakan 100 soal yang terdiri dari 30 soal matematika, 30 soal fisika, 20 soal bahasa indonesia dan 20 soal bahasa inggris. Raut tegang nampak dari wajah para peserta ketika mengerjakan soal yang diberikan. Hal ini sesuai dengan yang yang diungkapkan oleh salah satu peserta yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jember, Natasya Shifaul Istianah. “Lumayan menegangkan, untungnya jauh-jauh hari sudah saya siapkan dengan matang. Harapannya, semoga ditahap pertama ini bisa lolos supaya bisa maju ke tahap selanjutnya,” ungkap Natasya.

Selepas pengumuman yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 mei mendatang, para peserta yang lolos di tahap ini akan melanjutkan tes selanjutnya. Diantaranya adalah Tes Psikotest, Tes Laboratorium, Tes Fisik, dan Wawancara. Besar harapan dari setiap peserta bahwa usai diselenggarakannya ujian masuk ini mereka bisa mendapatkan hasil semaksimal mungkin. (dya/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian