Surabaya, pens.ac.id – Sebanyak 298 mahasiswa baru diterima di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri se Indonesia (PMDK-PN) untuk Program Sarjana Terapan dan Diploma 3. Selama enam hari terhitung sejak Jumat (11-16/5), prosesi daftar ulang dilaksanakan oleh calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima di PENS. Dimana mereka diwajibkan untuk menyiapkan beberapa dokumen dan diberikan pada bagian Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) PENS.

Dalam daftar ulang tersebut terdapat beberapa tahap yang dilalui mahasiswa baru dalam melakukan pemberkasan. Berkas yang dikumpulkan diantaranya biodata, formulir bebas narkoba, formulir taat aturan, pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), formulir Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan juga formulir mengundurkan diri apabila tidak hadir dalam tes psikologi dan kesehatan. Daftar ulang ini bersamaan dengan daftar ulang para mahasiswa baru yang telah dinyatakan lolos dalam sesi wawancara bidikmisi yang berjumlah 49 orang.

Selama enam hari, para staff di BAAK bertugas untuk memandu untuk melengkapi data calon mahasiswa baru. Tidak jauh berbeda dengan PMDK tahun lalu, kali ini siswa yang mendaftar ulang cukup ramai. BAAK ini pun dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Juniar Murdiana sebagai staff administrasi akademik, menyampaikan bahwa keramaian tampak disaat hari kedua dan juga ketiga. Para siswa yang diterima, saling bergantian untuk memberikan berkas. Kemudian mereka melakukan fitting jas almamater di Gedung TC PENS, guna sebagai acuan ukuran.

Meskipun harus mengantri, rona bahagia tampak dari wajah calon mahasiswa tersebut. Kebahagian tersebut merupakan dampak dari diterimanya mereka masuk menjadi mahasiswa PENS melalui proses PMDK. Selain mengisi pemberkasan, calon mahasiswa wajib melihat besaran UKT yang harus dibayarkan, dan jadwal tes selanjutnya. “Saya senang sekali bisa diterima di PENS, dari dulu saya berkeinginan untuk masuk di PENS. Dulu saya pernah foto di PENS, alhamdulillah diterima jalur PMDK,”. Jelas Faisa Musahiroh selaku calon mahasiswa baru. (umi/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian