Surabaya, pens.ac.id – Usai sukses digelar tahun lalu, Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mengadakan kegiatan PENS Sehat. Sebagai upaya berkontribusi dan berbagi atas dasar rasa peduli, kegiatan donor darah menjadi agenda rutin pada tiap edisi PENS Sehat. Digelar pada hari Senin (7/5), kegiatan yang bertempat di Hall Gedung D4 PENS ini disambut dengan antusias oleh mahasiswa PENS.

Menghadirkan petugas dari Unit Transfusi Darah (UTI) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 13.00 WIB. Bekerja sama dengan PMI Kota Surabaya, kegiatan ini mendukung program PMI yang menargetkan sebanyak 4,5 juta kantong darah setiap tahunnya. “Tujuan dari donor darah ini sendiri yaitu menambah rasa kepekaan dan kepedulian mahasiswa PENS melalui darah yang disumbangkan,” ujar ketua pelaksana kegiatan, Deviyanti Hutari. Tidak hanya sebagai bentuk peduli terhadap sesama, donor darah juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Usai registrasi, mahasiswa calon pendonor diharuskan untuk melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu. Terdapat beberapa persyaratan bagi pendonor antara lain adalah berat badan minimal 45 kg, dan HB serta tekanan darah harus normal. Usai dinyatakan memenuhi semua persyaratan, barulah mahasiswa dinyatakan dapat mendonorkan darahnya. Pengambilan darah kurang lebih berlangsung selama 15 menit. “Agak ndredeg sih, tadi, tapi sebenernya cuma kayak digigit semut,” ujar salah satu pendonor, Thesara Bunga.

Dari sebanyak 115 mahasiswa yang mendaftar, hanya 31 yang dinyatakan memenuhi persyaratan. “Yang lolos sedikit, tapi saya harap darah dengan jumlah sedikit yang telah didonorkan tersebut bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan,” imbuh Deviyanti. Dengan diadakannya kegiatan donor darah ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa PENS yang ingin berbagi kepada sesama melalui donor darah. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran mahasiswa untuk senantiasa menjaga kesehatan. (res/mus)