Yogyakarta, pens.ac.id – Satu lagi prestasi ditorehkan oleh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kali ini, Tim Panzer_LitFlow JR yang beranggotakan Ghagas Prabaswara dan Gilang Heru Kencana membawa pulang Juara 3 pada kompetisi ELECTRICAL LINE TRACER CONTEST (ELTRACO) 2018. Berlangsung pada Hari Sabtu (28/4), kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta (HMTE STTNAS Yogyakarta).

Pada ajang yang mengusung tema Speed Precision And Accuration Robot ini, sebanyak lima tim dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika PENS turut berpartisipasi. Bersaing dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Tim Panzer LitFlow JR tentunya melakukan berbagai persiapan untuk meraih hasil yang terbaik. “Banyak, sih persiapannya mulai dari mencetak track, hingga latihan di Gedung Pascasarjana sampai pagi,” tutur salah satu anggota tim, Ghagas.

Bergelut dengan bidang robotika, Ghagas, yang merupakan mahasiswa tingkat pertama Program Studi D-IV Teknik Elektronika, mengaku temotivasi mengikuti ELTRACO 2018 ini karena ingin mengasah kemampuannya dalam bidang robot line follower. “Saya ingin memacu adrenalin dan mencoba kemampuan individu berlomba di kota pusatnya line follower,” ungkapnya. Kali ini, ia berkompetisi bersama Gilang yang merupakan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) PENS 2018.

Usai melakoni babak penyisihan, 32 besar, 16 besar, hingga terpilih menjasalah satu dari empat tim terbaik, tim ini mengaku tak menyangka dapat membawa pulang Juara 3. “Ini salah satu lomba dengan kompetitor-kompetitor yang sangat ahli, dan saat final, robot kami mengalami error, sehingga hanya mampu membawa pulang Juara 3. Ya, semoga bisa lebih maksimal di kompetisi-kompetisi selanjutnya,” tukas Ghagas. Ia berharap supaya prestasi ini dapat memotivasi seluruh mahasiswa PENS, khusunya angkatan 2017, untuk terus berupaya meraih prestasi dan membanggakan almamater. (res/ani)

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian