Malang, pens.ac.id – Ajang bergengsi tahunan yakni Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional IV kembali diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kali ini Politenik Negeri Malang (Polinema) ditunjuk sebagai tuan rumah yang merupakan tempat digelarnya lomba. Memasuki hari ketiga (3/5), setelah berlangsung beberapa pertandingan dari lima divisi yang dilombakan, tiba saatnya penutupan KRI 2018 Regional IV sekaligus pengumuman kepada tim yang berhasil meraih penghargaan. Pada kesempatan tersebut, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih enam kategori penghargaan.

Sebelum penutupan, tutur dihadirkan pula guest star untuk menghibur peserta KRI 2018 Regional IV maupun tamu undangan yang hadir. Drs. Awan Setiawan, MM. selaku direktur Polinema dan Dr. Didin Wahidin selaku Dirjen Belmawa Kemenristekdikti  turut memberikan sambutan sebelum meresmikan penutupan ajang bergengsi ini. Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman kepada tim-tim yang berhasil meraih penghargaan  dalam ajang Kontes Robot Indonesia 2018 Regional IV mulai dari Juara 1, 2, 3, dan Harapan 1. Tidak hanya itu, turut diumumkan pula beberapa penghargaan seperti desain terbaik dan strategi terbaik.

Pada momen tersebut, EROS, robot pesepak bola humanoid milik PENS raih juara pertama serta penghargaan desain terbaik dalam divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid. Tidak hanya EROS, EILERO juga berhasil meraih juara kedua dalam divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), PENSAE berhasil meraih urutan keempat dalam divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI). Sama halnya seperti EROS, ERISA sebagai robot tari juga berhasil meraih juara pertama dan mendapat penghargaan desain terbaik dalam divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Diharapkan dengan pencapaian tersebut dapat memotivasi tim robot PENS untuk kembali berlaga dikancah nasional yang akan dilangsungkan beberapa bulan mendatang. (ENTcrews)