Surabaya, pens.ac.id – Menjelang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada (1-3/5) mendatang. Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai mengadakan kegiatan open laboratory pada Kamis (26/4). Dalam kegiatan ini seluruh tim robot menunjukkan kesiapan robot mereka untuk menghadapi KRI Regional IV di hadapan civitas PENS. Tidak terkecuali tim PensAe yang akan bertanding pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

Pada open laboratory kali ini, PensAe menunjukkan kebolehannya dalam lempar bola berkah, yang merupakan tema dari divisi KRAI pada tahun ini. KRAI 2018 sendiri mengacu pada ABU Asia-Pacific Robot Contest 2018 Vietnam. Dimana pada kontes ini tedapat dua robot yang bekerja sama untuk melempar bola melalui ring untuk mencapai “Rong Bay”.​

Tahun ini wajah-wajah baru nampak dari tim PensAe. Terdapat 8 anggota yang terbagi dalam beberapa divisi dalam tim ini. Diantaranya adalah Hari Malik Mu’allimi, dan Alvin Teguh Budi Antok pada divisi hardware. Najib Rifa’i, Bayu Syarifuddin, Herman Bachtiar, serta Muchammad Shofiuddin pada divisi mekanik. Sedangkan pada divisi programmer terdiri dari Haikal Firdiawan Zaky, M. Ramadhan Hadi S.. Tim ini sendiri dibimbing oleh Bayu Sandi Marta S.ST, MT.

Persiapan tim PensAe dalam menghadapi KRI tentu telah dilakukan sejak lama, yakni pada bulan September lalu. Tidak hanya robot, kekompakan tim juga turut dipersiapkan oleh tim ini. “Meskipun disini kami masih baru, tapi kami sudah saling akrab satu sama lain, ya karena kami selalu bareng. Makan bareng, sholat berjamaah dan masih banyak lagi,” tutur Hari Malik Mu’allimi yang juga merupakan ketua tim PensAe. Dengan persiapan yang telah dilakukan tim PensAe baik persiapan robot maupun tim, diharapkan PensAe dapat merebut gelar juara, baik dalam KRI Regional maupun Nasional nanti. (ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian