Surabaya, Pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus berupaya untuk memaksimalkan prestasi mahasiswa, salah satunya pada Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2018. Rabu (25/4), telah usai digelar Sosialisasi GEMASTIK yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) serta Unit Kegiatan Mahasiswa Software Engineering (UKM SE). Kegiatan yang bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS ini dihadiri oleh mahasiswa serta para dosen PENS.

GEMASTIK sendiri merupakan program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemristekdikti, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Program ini diharapkan mampu menciptakan agen-agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Setelah tahun lalu digelar di Universitas Indonesia, tahun ini GEMASTIK 11 akan dihelat di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. GEMASTIK 10 memperlombakan sepuluh kategori lomba, yakni Pemrograman, Pengembangan Perangkat Lunak, Data Mining, Keamanan Jaringan & Sistem Informasi, Animasi, Piranti Cerdas & Embedded System, Desain User Experience, Pengembangan Bisnis TIK, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan e-Government.

Sosialisasi diawali dengan sambutan dari M. Ilham Maulana selaku Ketua HIMIT, dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, yakni Ir. Anang Budikarso, M.T. Guna membuka wawasan mahasiswa, kegiatan menghadirkan Imam Kuswardayan, S.Kom., M.T. yang merupakan juri GEMASTIK 2016-2017. Dalam kesempatan kali ini, Imam mengawali materinya dengan memaparkan manfaat-manfaat dari mengikuti perlombaan. Selanjutnya, ia menjelaskan mengenai mekanisme seleksi mulai dari pengumpulan proposal hingga tahap final. “Jangan pernah remehkan proposal, karena dari pengalaman, banyak yang gugur gara-gara proposal yang kurang benar,” ucapnya.

Terdapat pula pengumuman mekanisme dan timeline seleksi internal yang disampaikan oleh Jauhari Ahmad yang juga merupakan dosen Teknik Informatika PENS. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para mahasiswa. “PENS punya kesempatan menang yang sama dengan universitas atau perguruan tinggi besar lainnya, jadi pesan saya tingkatkan kepercayaan diri kalian, karena kalian mampu,” tutur Imam.  Dengan digelarnya sosialisasi ini, diharapkan mampu meningkatkan motivasi serta jiwa kompetitif mahasiswa. (res/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian