EEPIS Online National Polytechnic English Olympics (NPEO) kembali digelar untuk yang keenam kalinya. Berlangsung selama enam hari (15-20/4), NPEO tahun ini diselenggarakan di Politeknik Pos (Poltekpos) Indonesia, Bandung. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kembali berpartisipasi pada kompetisi tahunan ini dengan menurunkan delapan perwakilan terbaiknya. Olivia Putri Rosmala, salah satu perwakilan PENS dalam divisi news casting, berhasil bawa pulang Juara Harapan 3 usai berkompetisi dengan 56 peserta dari seluruh politeknik di Indonesia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, NPEO memperlombakan empat divisi, yakni debate, news casting, storytelling, dan speech. Olivia, yang merupakan mahasiswi tahun ketiga Program Studi D4 Teknik Telekomunikasi ini berhasil buktikan bahwa PENS juga dapat berkiprah di bidang-bidang non-teknik. “Persiapannya tentu saja latihan, dibimbing Bu Dias Agata sejak bulan Maret sampai April,” ujar Olivia.

Keberhasilan yang diraih bukan tanpa kendala. Dituntut untuk fokus dalam beberapa hal sekaligus, yakni kerja praktik dan persiapan judul tugas akhir, tak melunturkan kegigihan Olivia dalam berkompetisi.  “Jadi waktu intensif latihan itu juga lagi kerja praktik,  jadi satu minggu cuma bisa latihan tatap muka dua kali, dan tiap harinya saya kirim rekaman hasil latihan ke Bu Dias,” tambahnya.

Sebelum memasuki babak final, para peserta divisi news casting harus menjalani dua hari babak penyisihan yang terdiri dari radio broadcast dan TV newscast. Pertama kali berkompetisi di NPEO, Olivia mengaku tak menyangka dapat lolos ke babak final serta membawa pulang gelar juara. “Kaget banget dapat juara karena kompetitornya rata-rata sudah berpengalaman, sedangkan saya merasa newbie disana,” tukasnya.

Prestasi yang telah diraih ini diharapkan  dapat memotivasi para mahasiswa agar dapat menekuni bidang apapun yang diminatinya. Olivia juga berharap agar prestasi ini dapat menjadi gerbang bagi mahasiswa PENS untuk dapat terus berkompetisi di NPEO. Diharapkan pula PENS dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasinya diajang bergengsi ini. (res/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian