EEPIS Online – Sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidang teknologi, mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kerap mengadakan beragam kegiatan. Untuk pertama kalinya, Open Source Community (OSC) yang berada dalam naungan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) PENS, menggelar sebuah workshop bertajuk “OpenStack Administration Workshop“. Dihelat pada hari Sabtu (21/4), OSC PENS berkolaborasi dengan Komunitas Linux Arek Suroboyo (KLAS) dan GNU/Linux Bogor.

Workshop yang dibuka untuk umum ini, merupakan serangkaian roadshow yang diadakan GNU/Linux Bogor dibeberapa daerah di Indonesia. Roadshow ini bertujuan untuk memperkenalkan OpenStack kepada masyarakat luas. Menjadi kota yang pertama kali dikunjungi, pemateri workshop kali ini berasal dari OpenStack Engineer Btech yakni Saputro Aryulianto.

Dimulai sejak pukul 09.30 WIB, para peserta yang hadir diberi pemaparan langsung mengenai OpenStack dan perkembangannya saat ini. Tidak hanya itu, Saputro Aryulianto pun mempraktikkan langsung pengoperasian OpenStack, mulai dari proses instalasi, building OpenStack environment, hingga praktik menggunakan OpenStack. “Dalam workshop ini peserta akan diberi bekal ilmu mengenai OpenStack yang kemudian dapat digunakan pada infrastructur plot computing,” ungkap Darian Rizaluddin selaku ketua KLAS.

Ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama, workshop ini nyatanya memberi kesan tersendiri bagi peserta yang hadir. “Materi workshop sangat menarik didukung dengan pemateri yang hebat, karena engineer OpenStack sangat dibutuhkan di dunia industri, ” ungkap salah satu peserta, Melki Mario Gulo. Pihak OSC PENS pun berharap, kedepannya bisa menyelenggarakan workshop serupa secara rutin. “Kami harap kedepannya bisa menyelenggarakan lagi, karena di Surabaya jarang sekali workshop dengan materi OpenStack,” imbuh Ketua OSC PENS Fadhil Yori Hibatullah. (tts/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian