EEPIS Online – Berdiri sejak tahun 1992, Program Studi Teknik Elektro Industri (Elin) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah banyak menghasilkan alumni yang berkarir diberbagai bidang. Dalam rangka mempererat silaturrahim antar angkatan, dibentuklah Ikatan Keluarga Alumni Elektro Industri (IKA ELIN). Sabtu (14/4), usai diadakan Reuni Akbar Elin 2018 yang bertempat di Ruang Auditorium Gedung Pascasarjana PENS.

Dimulai pukul 09.00 WIB, kegiatan ini dibuka dengan doa bersama yang dilanjutkan dengan pelantunan lagu Indonesia Raya. Terdapat pula sambutan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro Industri (Hima Elin) yakni Dimas Kukuh, lalu oleh Ketua Pelaksana Kegiatan. Tak hanya itu, Kepala Program Studi Diploma III dan Sarjana Terapan Teknik Elektro Industri, Ir. Sutedjo, M.T., dan Epyk Sunarno, S.ST., M.T. juga turut memberikan sambutan serta membuka kegiatan ini secara simbolik dengan pemukulan gong. Untuk membuka wawasan mengenai dunia kerja, terutama bagi fresh graduate, juga terdapat pengarahan alumni dari Kepala Pusat Karir dan Potensi Alumni (Pustekin).

Merupakan yang ketiga kalinya digelar, Reuni Akbar kali ini tak hanya sekedar sebagai ajang pertemuan alumni, namun juga peresmian IKA ELIN PENS. Pada kesempatan ini juga dipaparkan pengenalan, penjelasan visi dan misi, serta penjelaskan prospek IKA ELIN PENS. “IKA ELIN ini sudah sudah ada sejak 2009, namun sebelumnya belum ada ranah atau tujuan yang jelas, dengan digelarnya Reuni Akbar ini sekaligus dalam rangka pembentukan wajah baru oleh IKA ELIN,” ucap Shahro Muttaqin, alumni angkatan 2013 yang juga merupakan ketua pelaksana kegiatan.

Tak hanya dihadiri oleh alumni, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa aktif sebagai tamu undangan. “Disini kami melibatkan mahasiswa, para dosen, dan juga tentunya alumni. Kami mempunyai program beasiswa untuk mahasiswa Elin yang kurang mampu. Kedepannya juga akan ada bantuan penelitian untuk dosen, dan juga yang paling penting, kami siap membantu para fresh graduate Elin saat mencari pekerjaan, maupun mahasiswa yang sedang mencari tempat untuk kerja praktik,” tutur Shahro. Dengan digelarnya kegiatan ini, Shahro berharap supaya IKA ELIN PENS dapat terus berjaya dan bersaing dengan alumni kampus-kampus besar lainnya. (res/ani)