EEPIS Online – Tidak hanya bidang robotika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) juga dikenal mumpuni dalam bidang teknologi informasi. Minggu (15/4), PENS berkesempatan menjadi lokasi Meetup AndroidDev yang ketujuh. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Teater Gedung D3 ini bertajuk Workshop UI/UX & Sharing Session Android Developer Surabaya. Dimulai pada pukul 12.00 WIB, kegiatan ini dihadiri oleh kalangan mahasiswa, masyarakat umum, dan kalangan praktisi.

Bertepatan di bulan April, workshop ini mengangkat tema “#Kartini Jaman Now”. Tema tersebut menghadirkan pemateri-pemateri perempuan yang terjun langsung dalam dunia teknologi. “Sebelumnya pemateri kami laki-laki terus. Disini tujuan kami pengen tahu antusiasme dan kemauan para perempuan, khususnya yang tergabung dalam grup kami, untuk berpartisipasi,” ujar Muhammad Irsyad selaku Ketua AndroidDev Surabaya.

Materi “Learn User Interface Part 4” yang disampaikan oleh Sisilia Tri Cahyani dan Destiana Choirun Nisak menjadi materi pembuka. Sisilia dan Destiana, yang mana keduanya adalah mahasiswa tingkat akhir Program Studi Teknik Informatika PENS, memandu para peserta yang memadati Ruang Teater untuk membuat aplikasi android. Dengan pembawaan yang interaktif, para peserta terlihat antusias mengikuti sesi ini. Selanjutnya, terdapat presentasi oleh tiga orang perwakilan Developer Students Club (DSC), yaitu dari DSC ITS dan DSC Narotama, mengenai Overview DSC Leads Surabaya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menghadirkan sharing session. Sesi tersebut membagikan pengalaman dan motivasi dari founder dari Kelasku Digital yakni Heni Prasetyo Rini, S.Si., M.Pd. Heni berbagi cerita mengenai pengalamannya, mulai dari bisnis, hingga menjadi alumnus Coding Mum. Pada kesempatan ini, ia menekankan bahwa wanita di zaman digital, juga harus melek akan teknologi. “Kartini Jaman Now itu tahu mana prioritas tugas hidupnya. Dengan teknologi yang mumpuni, dia bisa, kok, menggenggam dunia tanpa melupakan kodratnya sebagai wanita,” jelas Heni. (res/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian