EEPIS Online â€“ Tidak hanya aktif mengikuti kegiatan di luar kampus, mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tidak jarang menjadi penyelenggara atas berlangsungnya berbagai event bergengsi. Kali ini,Java Robot Contest(JRC) IX yang merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektronika PENS telah usai diselenggarakan. Selama dua hari, (24-25/3) perlombaan robot tingkat nasional tersebut diikuti oleh 150 pelajar tingkat SD, SMP, SMA hingga mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Betempat di Gedung D4 PENS, seluruh peserta yang terbagi menjadi empat divisi, unjuk kebolehan robot mereka di atas track. Mulai dari divisi SD hingga mahasiswa, dinilai dan diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari dosen, mahasiswa, hingga alumni program studi Teknik Elektronika. Penilaian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yakni 16 besar, 8 besar, final dan akhirnya terpilihlah empat juara dan pemenang kategori Best Time, Best Strategy dan Best Design pada masing-masing divisi.

Bertujuan untuk mengenalkan robotika dan program studi Teknik Eletronika PENS kepada para peserta, kegiatan tahunan ini juga memiliki beberapa tujuan berkaitan dengan tema yang diambil. “Tahun ini kami mengusung tema Zamrud Khatulistiwa. Pesan yang kami ingin sampaikan adalah mengembalikan julukan Zamrud Khatulistiwa milik Indonesia,” tutur Helmy Naufal selaku Ketua Pelaksana. Pengimplementasian tema terlihat dari misi yang harus dilakukan masing-masing robot disetiap divisinya. Tak hanya itu, penanaman pohon di Taman Harmoni Keputih menjadi salah satu agenda jelang dilaksakannya JRC tahun ini. 

Usai dua hari dilalui dengan persaingan dari para peserta, kegiatan JRC tahun ini ditutup dengan pengumuman dan hiburan oleh beberapa bintang tamu. Euforia peserta semakin tampak, saat dibacakan hasil penilaian JRC IX yang dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang. Berbagai kesan pun turut mereka rasakan usai mengikuti kompetisi ini. “Ini pertama kalinya saya ikut JRC, menurut saya kompetisi ini sangat kreatif dan inovatif,” tutur salah satu peserta, Marchel Saputra. Ia pun berharap agar JRC tetap rutin dilaksanakan dan semakin baik setiap tahunnya. (tts/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian