EEPIS Online – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menorehkan prestasi tingkat internasional yakni pada ajang Asia Young Sociopreneur Leaders Exchanges 2018 yang digelar selama empat hari (14-18/3) di Hongkong Productivity Council, Hongkong.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Youth Center to Act for Nation (YOUCAN) ini, diikuti oleh 40 delegasi yang datang dari lima negara yakni China, Malaysia, Singapura, Indonesia dan Thailand. Tidak tanggung tanggung, pada kesempatan kali ini, salah satu mahasiswa PENS jurusan Teknik Telekomunikasi berhasil meraih empat kategori penghargaan diantaranya The Best Delegation, The Best Presentation, Runner Up  1 The Best Project of Bussiness Plan hingga Juara Umum.

Pada tahun ini, lima perguruan tinggi negeri di Indonesia juga turut memberikan kontribusinya dan PENS menjadi satu satunya Politeknik yang mewakili indonesia di ajang tersebut. Dengan latar belakang untuk memeperbaiki kondisi sosial di daerah Tanggulangin, Sidoarjo, Herbandhu Sutyo Negoro, salah satu mahasiswa Teknik Telekomunikasi angkatan 2017 mengangkat inovasi rancangan bisnisnya dengan menghadirkan karya Bantal Enteng Jowo atau dikenal dengan kata BEJO. Bantal ini, memiliki keunikan karena terdapat aksen aksara jawa pada desainnya.

Selain presentasi Bussiness Plan dan Awarding, juga terdapat beberapa kunjungan dibeberapa tempat di Hongkong, diantaranya Konsulat Jendral Republik Indonesia yang ada di Hongkong, Hongkong Trade Development Council hingga Chinese University of Hongkong, Kowloon (CHUK University). Dalam momen ini, para delegasi juga berkesempatan untuk menjadi speaker kepada dihadapan mahasiswa CHUK, University Hongkong untuk menyampaikan materi mengenai social economic issue di China dan keuntungan ekspansi ekonomi china bagi Indonesia.

Meski sempat mengalami kendala pada financial reportnya, tak menjadi halangan bagi Herbandhu untuk terus berinovasi dan mengembangkan rencana bisnisnya di kompetisi ini. Diakui, banyak pengalaman yang bisa ia dapatkan setelah mengikuti kompetisi ini. Ia berharap agar kedepannya PENS lebih mewadahi mahasiswanya yang ingin berkreasi khususnya dibidang entrepreneur. “Semoga kedepannya saya dapat membuat financial report lebih baik lagi dan bisa memotivasi mahasiswa PENS untuk terus berkreasi,” Harap Herbandhu.(dya/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian