EEPIS Online – Dikenal sebagai kampus teknik, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tak hanya gencar menorehkan prestasi di bidang teknologi. Turunkan tim dari EEPIS English Club (E2C) dalam ajang 52nd of Anniversary STTAL Surabaya Debating Competition, PENS berhasil menjadi octofinalist serta bawa pulang predikat best speaker. Berlangsung selama dua hari (7-8/3), kompetisi tingkat nasional ini digelar oleh Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dalam rangka memperingati Dies Natalis STTAL yang ke-52.

Materi debat yang diangkat yakni mengenai isu perkembangan pengetahuan dan teknologi di era informasi global, isu situasi terkini di dunia serta ancaman dan tantangan pertahanan maritime global yang kini semakin kompleks. PENS, diwakili oleh tim yang beranggotakan Putra Ronaildo A. N., Muhammad Iqbal H., serta Dhani Yanuar, berhasil masuk perdelapan final, dalam ajang ini. Diakui, tak mudah meluangkan waktu untuk mempersiapkan lomba di tengah kegiatan kampus yang padat. “Kami mulai persiapan dua minggu sebelum kompetisi. Merupakan perjuangan tersendiri buat persiapan disela-sela kesibukan kuliah dan tugas di Kampus PENS,” ujar Iqbal.

Tak hanya pengetahuan yang luas, kerja sama tim juga diuji dalam kompetisi ini. Salah satu anggota tim, yakni Muhammad Iqbal H., sukses menjadi salah satu peraih predikat best speaker. “Saya sangat bersyukur dan terima kasih banget buat teman-teman yang sudah support, terutama buat rekan se-tim saya, Aldo dan Dhani yang banyak bantu saya saat kompetisi,” tambahnya.

Banyak pelajaran, pengalaman, serta ilmu baru yang didapatkan tim selama berkompetisi. Mereka berharap dengan diraihnya prestasi ini, dapat membangkitkan motivasi mahasiswa untuk terus menorehkan prestasi di bidang yang mereka minati. Selain itu, prestasi tersebut membuktikan bahwa PENS tak hanya mumpuni di bidang teknik, namun juga di bidang lainnya. “Semoga tim E2C, khususnya divisi debat, bisa meningkat terus prestasinya,” tukasnya. (res/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian