EEPIS Online – Memasuki semester genap tahun ajaran 2017/2018, para mahasiswa tingkat akhir Politeknik Elektronika Surabaya (PENS), termasuk Program Pascasarjana Terapan semakin disibukkan dengan tugas akhirnya. Sebagai upaya untuk menghasilkan tesis yang berkualitas, Senin (12/3), telah digelar Interdisciplinary Research Seminar yang memaparkan progres tesis para mahasiswa Pascasarjana Terapan. Bertempat di Ruang PS 03-17, Gedung Pascasarjana PENS, seminar ini dihadiri oleh mahasiswa serta dosen.

Pemateri pertama yakni Masfu Hisyam, S.ST., yang merupakan mahasiswa semester empat Program Studi S2 Teknik Informatika dan Komputer. Dia memaparkan mengenai tesisnya yang berjudul Spatio Temporal Network Security Analysis in Mata Garuda Using MAO-Reduce Programming Model. Merupakan kedua kalinya dalam pembuatan tugas akhir, ia mengaku terdapat perbedaan yang besar antara pembuatan tugas akhir saat menempuh jenjang Diploma IV dan Pascasarjana. “Dibanding dengan dulu, tugas akhir di S2 ini jauh lebih sulit. Kita dituntut untuk menghasilkan sesuatu yang baru, nah untuk mencari sesuatu itu sangat sulit, baik ide dan implementasinya. Tapi, ya, berhubung dapat bantuan dari pembimbing dan teman-teman, kita bisa menyelesaikan tesis kita,” ungkapnya.

Pemaparan selanjutnya, yaitu oleh Edo Bagus Prastika, S.ST., yang mengangkat tesis berjudul 2D Scanning Acoustic for Material Property Observation Utilizing IMHZ Ultrasonic Wave. Dalam tesisnya, Edo membuat metode konversi yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui parameter akustik dari minyak nabati. Dengan begitu, dapat menentukan kualitas minyak nabati tanpa kontaminasi bahan kimia yang bisa merusak minyak. “Tesis saya hingga saat ini masih 70%, jadi masih dalam proses pengerjaan,” tutur mahasiswa yang berasal dari prodi S2 Teknik Elektronika.

Kegiatan yang akan digelar rutin ini tentunya sangat bermanfaat bagi manajemen dan dosen pembimbing untuk mengetahui progres tesis mahasiswa. Selain itu, seminar ini juga merupakan wadah untuk berbagi ilmu baik antar mahasiswa, maupun dosen. “Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, harapannya yaitu tidak ada mahasiswa yang molor. Kita juga ingin ini menjadi wadah untuk sharing dua arah dengan mahasiswa,” tutur Dr.Eng. Bima Sena Bayu Dewantara, S.ST., M.T., selaku Dosen PENS. (res/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian