EEPIS Online – Momentum wisuda merupakan sebuah bentuk pengakuan keberhasilan seorang mahasiswa dalam menyelesaikan suatu proses pendidikan. Sabtu, (10/3) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar prosesi wisuda guna mengapresiasi kelulusan 184 mahasiswanya. Bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana PENS, para orang tua wisudawan juga turut diundang pada wisuda ke-10 kali ini. Menjadi momen sakral bagi seluruh calon wisudawan, prosesi wisuda diawali dengan pembukaan sidang terbuka senat PENS yang dipimpin Dr. Zainal Arief, ST., MT. selaku Direktur PENS.

Pada wisuda kali ini terdapat tiga jenjang pendidikan yang dikukuhkan, yakni 9 mahasiswa magister terapan, 141 mahasiswa sarjana terapan dan 34 mahasiswa jenjang diploma. Usai dikukuhkan sebagai wisudawan oleh Direktur PENS, mereka pun dipanggil berurutan untuk menerima ijazah sebagai simbolik kelulusan. Pengumuman enam nama mahasiswa yang berhasil memperoleh gelar lulus dengan pujian pun, turut menjadi agenda pada wisuda ini.

Acara pun dilanjutkan dengan pengucapan janji wisudawan. Pada momen sakral kali ini, seluruh wisudawan tampak khidmat mengucapkan janji yang ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Selain menjadi momen kelulusan, sambutan dari Ikatan Alumni PENS, menjadi penanda diterimanya wisudawan sebagai anggota alumni.

Berbagai kesan dirasakan wisudawan usai melaksanakan prosesi wisuda kali ini. Mereka mengaku bahwa, setiap tahunnya PENS senantiasa menyempurnakan seluruh rangkaian kegiatan wisuda. “Ini wisuda kedua saya sebagai mahasiswa PENS, saya rasa wisuda tahun ini sangat khitmad,” ungkap salah satu wisudawan, Bagas Mardiansyah Prakoso. Ia juga menambahkan bahwa menjalani wisuda di lingkungan PENS, memberi kepuasan tersendiri bila dibandingkan wisuda di luar kampus. Menurutnya, para wisudawan sangat terbantu karena pihak kampus telah memfasilitasi dan menyiapkan dengan baik seluruh konsep jalannya prosesi wisuda.

Ucapan doa dan harapan turut larut dalam prosesi pelepasan seluruh wisudawan PENS hari itu. Dr. Zainal Arief, S.T., M.T., pun berpesan agar seluruh wisudawan bisa tetap memegang teguh nilai-nilai yang telah ditanamkan saat menjadi mahasiswa PENS. “Harapannya, dimanapun mereka berada entah di dunia usaha, industri maupun masyarakat, mereka tetap memegang teguh prinsip jujur, orisinil, semangat, dan santun,” ungkap beliau. Tak hanya itu, besar harapan beliau bahwa seluruh alumni PENS dapat bekerja dengan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas. (tts/mus)