EEPIS Online – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) senantiasa melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kualitas seluruh civitas akademika di dalamnya. Kamis, (8/3), Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) PENS telah usai melaksanakan kegiatan bertajuk “Sosialisasi Peningkatan Publikasi Ilmiah di Lingkungan PENS”. Sebagai upaya guna mendorong tingkat penelitian dan publikasi ilmiah di lingkungan kampus, sosialisasi kali ini diperuntukkan khusus bagi 48 orang yang terdiri dari Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), pustakawan dan pranata komputer.

Dilaksanakan sejak pukul 12.00 WIB, Dr. Ir. Anang Tjahjono, MT. berkesempatan menjadi pemateri pada sosialisasi kali ini. Beliau yang juga merupakan anggota peneliti Robotics and Automation Based on Biologically Inspired Technology (RABBIT), menekankan bahwa sebuah institusi harus banyak melakukan suatu publikasi ilmiah baik dari mahasiswa, dosen maupun PLP. Saat ini, PENS pun sedang gencar melakukan upaya agar PLP mau untuk melakukan sebuah penelitian yang kelak bisa mereka publikasikan. Selain itu, hal tersebut juga dilakukan guna meningkatkan mutu pelayanan baik laboratorium, perpustakaan maupun jaringan komputer.

“Saat ini tak hanya dosen dan mahasiswa yang memiliki kesempatan untuk melakukan suatu publikasi ilmiah, kami berupaya mendorong minat publikasi dari para PLP, pustakawan dan pranata komputer,” ungkap Dr. Ir. Anang Tjahjono, MT. Beliau menambahkan bahwasanya PLP mempunyai suatu fungsional yang jelas dan tentunya berbeda dengan dosen. Namun, beliau pun menegaskan bahwa PLP memiliki kesempatan yang sama dengan dosen sehingga mereka juga bisa melanjutkan pendidikan sampai jenjang S3. Dengan adanya kesempatan itu, para PLP dapat meneliti dan menghasilkan suatu karya yang bisa mendukung kualitas kinerja mereka.

Dalam kesempatan kali ini, turut hadir pula direktur PENS yang juga mengikuti jalannya kegiatan sosialisasi dari awal hingga akhir. Beliau berpesan pada seluruh peserta yang hadir agar mau membangkitkan kembali semangat dalam melakukan penelitian. “Kelak kami harap para PLP, pustakawan dan pranata komputer bisa ambil bagian dalam berbagai penelitian dengan para dosen,” ungkap Dr. Zainal Arief, ST., MT. Beliau pun menambahkan, bahwa pihak dosen akan dengan senang hati membantu siapapun yang mau melakukan suatu penelitian.(tts/mus)

wpChatIcon
EnglishIndonesian