EEPIS Online – Demi meningkatkan kemampuan akademik, lancar berbahasa asing dan menambah karakter intelektual, salah satu caranya dapat dilakukan yakni dengan studi ke luar negeri.Namun masih banyak mahasiswa yang masih takut untuk lanjut jenjang ke luar negeri karena faktor biaya kuliah serta biaya hidup yang terbilang mahal. Untuk memotivasi mahasiswa agar berminat dan berkemauan untuk studi ke luar negeri, pada Selasa, (6/3) Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Industri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar kuliah tamu yang bertajuk “Kuliah Lanjut di Luar Negeri, Siapa Takut?”. Kuliah tamu kali ini diselenggarakan di Gedung Teater PENS.

Menghadirkan dua pembicara yang sempat menempuh kuliah di Taiwan yakni Muhammad Syahril Mubarok dan juga Nur Vidia Laksmi. Pembicara yang juga merupakan alumni Elin ini memberikan informasi secara detail mengenai jalur beasiswa luar negeri. Kuliah tamu yang dihadiri sekitar 140 mahasiswa aktif prodi tersebut, menjadi salah satu wadah yang bertujuan untuk memberikan informasi, serta menekankan tips untuk mendapatkan beasiswa studi keluar negeri.

Diawali dengan sambutan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa (KaHima) Elin yakni Dimas Kukuh Dwi Nugroho, sambutan juga diberikan oleh Ketua Prodi (Kaprodi) D4 Elin ini yakni Epyk Sunarno, S.ST, MT. Beliau mengungkapkan bahwa acara ini untuk memotivasi  mahasiswa Elin khususnya mahasiswa semester akhir, supaya semakin berminat dan memiliki kemauan untuk kuliah di luar negeri. Memasuki acara inti,  kedua alumni tersebut menceritakan pengalamannya selama di Taiwan, dimulai dari kebudayaan, tips mendapatkan beasiswa, hingga beberapa jalur beasiswa yang ada seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), MOE Taiwan SchoolarshipNational Taiwan University Science Technology (NTUST).

Tak cukup sampai disana, ditayangkan pula beberapa foto pembicara saat kuliah di Taiwan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, mahasiswa tampak antusias menanyakan seputar tips dan persiapan untuk mendapatkan beasiswa. “Diharapkan, dengan adanya ini, adik-adik saya bisa lebih berani untuk lanjut jenjang diluar negeri. Senang bisa sharing pengalaman disini, Janganlah merasa takut untuk  lanjut sekolah diluar negeri. Kita ini mampu, kita memiliki skill, mental juga sudah matang, jadi tidak perlu ada yang ditakutkan,” ungkap Nur Vidia L. salah satu pembicara. (umi/meg)

wpChatIcon
EnglishIndonesian