EEPIS OnlineDalam rangka membantu dan membangun skill pengembangan serta pengetahuan mengenai mobile dan web,  Developer Student Club (DSC) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)  telah usai menyelenggarakan Google DSC Workshop selama dua hari, terhitung sejak (24-25/2). Bertempat di ruang 05.12 dan 05.13 Gedung Pascasarjana PENS, workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi google dan memperkenalkan Google DSC.

Workshop yang terbuka untuk umum ini, diikuti sekitar 100 orang yang terbagi menjadi tiga sesi dengan hari yang berbeda. Dalam workshop ini mempelajari ECMAScript 6 (ES 6), Google Cloud dan juga web Virtual Reality (VR). Kelas pertama mempelajari Google Cloud Platform dimana dengan menggunakan ini memungkinkan untuk membuat, menggunakan, dan menskalakan aplikasi, situs web, dan layanan diinfrastruktur yang sama dengan Google. Dijelaskan pula cara membuat web VR yang mana secara teknis, web VR merupakan Javascript API yang digunakan untuk melihat konten VR di web dengan tidak perlu mendownload app atau plugin, hanya saja cukup menampilkan web secara 3D.

Dalam kelas selanjutnya dijelaskan mengenai ES 6, diawali dengan pengenalan basic dari ES 6,  pendahuluan teknologi Node Javascript, Node Package Manager (NPM), Babel  Javascript dan Webpack Javascript. Tidak hanya dijelaskan, dilakukan juga  praktik yang dipandu oleh anggota DSC dalam pemasangan komponen hingga pembuatan aplikasi sederhana menggunakan ES 6. Pembelajaran teknologi web ES 6 merupakan dasaran yang harus dipahami untuk membuat sebuah aplikasi. “Belajar ES 6 ini sangat penting untuk para pemula yang ingin belajar Javascript, karena pada framework Javascript dasarnya harus bisa ES 6,” tutur Dicky Eka selaku salah satu pemateri.

Dicky turut mengungkapkan bahwa dengan pembelajaran ini diharapkan agar semua dapat mengetahui teknologi terkini, juga menimbulkan semangat belajar untuk mendalami teknologi baru. Workshop ini mendapat tanggapan positif dari para peserta. “Melalui workshop ini, dapat menambah pengetahuan baru, dan juga teman baru. Semoga dari materi yang telah saya dapat, bisa diaplikasikan nanti, khususnya saat mengikuti lomba,” ungkap Muhammad Alan selaku peserta Google DSC Workshop. (umi/ani)

wpChatIcon
EnglishIndonesian