EEPIS Online – Sebagai bentuk akuntabilitas berjalannya suatu Program Studi (Prodi) dan juga meningkatkan mutu suatu prodi, visitasi akreditasi prodi D3 Multimedia Broadcasting Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali dilakukan. Tercatat dilaksanakan selama tiga hari (11-12/2). Dr.Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. dan juga Drs. Syafrizal S, ST.,MT hadir sebagai tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan (BAN-PT). Pengakreditasan kali ini, dihadiri oleh Direktur, Wakil Direktur, Kepala Program Studi, Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif, serta dosen prodi D3 Multimedia Broadcasting.

Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Dalam proses pengakreditasian ini, tim asesor diarahkan untuk melihat fasilitas yang menunjang pembelajaran dalam prodi D3 Multimedia Broadcasting (MMB). Dimulai dari lab, ruang dosen, perpustakaan, serta studio yang berada di gedung Pascasarjana PENS. Tak hanya itu, tim asesor turut menanyakan seputar pembelajaran serta keseharian dalam perkuliahan, kepada beberapa mahasiswa MMB yang turut hadir dalam proses pengakreditasian tersebut.

Setelah itu, untuk melengkapi persyaratan pengakreditasian, presentasi mengenai prodi turut dilakukan di Ruang Rapat 03.10 Gedung Pascasarjana PENS. Terdapat beberapa standart penilaian, yakni meliputi visi misi, tata kelola, mahasiswa, dosen, kurikulum, keuangan, penelitian serta pengabdian masyarakat. ”Pengakreditasian ini merupakan suatu proses yang harus dilakukan. Seperti biasa dengan pengakreditasian lainnya, Kaprodi maupun Kepala Pusat turut berpartisipasi. Berharap bisa dapat hasil yang maksimal dengan mendapatkan nilai A,” tutur Dr. Zainal Arief, ST.,MT, selaku Direktur PENS.

Dalam proses pengakreditasian sebelumnya, prodi MMB mendapat akreditasi B dikarenakan belum ada lulusan. Namun Proses Akreditasi tahun ini, MMB telah memiliki lulusan. Tak hanya itu, prestasi mahasiswa pun semakin meningkat. Data-data yang dapat menunjang penilaian telah dipresentasikan dengan maksimal. “Diharapkan Prodi Multimedia Broadcasting ini dapat terakreditasi A. Kalau dari Prodi sendiri, akreditasi A ini bukan target akhir tapi merupakan 1 langkah untuk menuju target lainnya,” ungkap Drs. Achmad Basuki, M.Kom. Ph.D selaku Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif.(umi/meg)

wpChatIcon
EnglishIndonesian