EEPISOnline– Sabtu, (21/10) usai digelar kuliah tamu oleh Prodi Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Bertempat di Ruang Teater,  Gedung D3 PENS. Kuliah tamu ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa kelas 2,3 dan 4 dari program studi D4 Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Teknologi Game. Dengan topik menarik serta pemateri yang berasal dari Jerman, para mahasiswa berantusias untuk menghadiri kuliah tamu kali ini.  Tema yang diangkat yakni “Change Habits in to Culture “.

Pemateri dalam kegiatan ini yakni Thomas Rothe, seorang agile practioner, LEAN thinker, software engineer dan technologist. Berlangsung selama 2 jam,  dalam kuliah kali ini dipaparkan sejumlah materi mengenai scrum.  Scrum sendiri adalah salah satu metode rekayasa perangkat lunak dengan menggunakan prinsip-prinsip pendekatan AGILE, yang bertumpu pada kekuatan kolaborasi tim, incremental product dan proses iterasi untuk mewujudkan hasil akhir. Kali ini, Thomas Rothe memberikan topik mengenai Pair Programming, Partner Picking Principles,  Practicing Disciplines,  Continuous Integration,  serta Common Language in Cross-functional Team.  

Kuliah tamu ini disambut baik oleh para mahasiswa mengingat pentingnya materi yang akan disampaikan. Di era ini,  sudah banyak perusahaan multinasional yang menerapkan scrum sebagai standar bekerja, sehingga dengan memperkenalkan metode scrum kepada mahasiswa dapat membuka wawasan mereka tentang metode ini.  "Kita mengadakan ini supaya mahasiswa bisa tahu gambaran real bagaimana scrum itu diterapkan di dunia kerja, " ujar Umi Sa’adah,S.Kom,M.Kom selaku perwakilan dosen Teknik Informatika sekaligus penanggung jawab.

Dengan diadakannya kuliah tamu yang menekankan pada scrum ini,  diharapkan dapat membantu dan membuka mahasiswa mengenai suatu metode yang tepat untuk menyelesaikan proyek mereka.  Scrum diyakini dapat menyelsaikan suatu pekerjaan dengan lebih tertata dan lebih detail.  "Harapan kita yaitu kita ingin memperkenalkan bahwa PENS sebagai salah satu kampus yang sudah mengadopsi scrum dalam kurikulumnya, " imbuh Umi Sa’adah,S.Kom,M.Kom.(res/meg)

wpChatIcon
EnglishIndonesian