EEPIS
Online
– Selasa (15/11) berakhir sudah
serangkaian acara dari kegiatanService Learning in
Computer Engineering
(SLICE) tahun 2016. Kegiatan yang bertujuan
untuk pengabdian terhadap masyarakat ini telah rutin diadakan oleh
Jurusan Teknik Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
dari tahun ke-tahun. Pada Tahun 2016 ini SLICE diikuti oleh sepuluh
mahasiswa Teknik Komputer PENS yang terdiri dari angkatan 2015, dan
2014. Ke-sepuluh mahasiswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok,
dimana satu kelompok terdiri dari lima mahasiswa.

Bertempat
di Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan, kegiatan SLICE ini terbagi
menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pada tanggal 28 Oktober hingaa
30 Oktober. Pada sesi pertama ini para peserta mengunjungi tempat dan
mengkaji masalah-masalah yang ada dimasyarakat. Setelah menemukan
masalah yang akan dikaji lebih dalam, mahasiswa menggagaskan ide dan
mendesain produk apa yang akan mereka buat dalam rangka menyelesaikan
masalah tersebut. Sedangkan sesi kedua berlangsung pada tanggal 04
November hingga 06 November. Pada sesi ini mahasiswa mulai membuat
produk dan mengenalkan pada masyarakat.

Produk
yang telah dibuat oleh mahasiswa di kegiatan ini diantaranya adalah
Smart Magnetic Board dan Game Rack. Smart Magnetic
Board
merupakan sebuah media pembelajaran yang ditempatkan di
Madrasah Diniyah Nurul Huda, dimana alat ini berupa papan ular tangga
magnetik yang dalam memainkannya para pemain harus menjawab
pertanyaan yang berkaitan dengan huruf hijaiyah terlebih dahulu.
Sedangkan Game Rack merupakan media pembelajaraan yang
ditempatkan di Posyandu setempat. Game Rack sendiri merupakan
lemari yang didalamnya berisi berbagai macam game edukasi yang
dapat dimainkan oleh anak-anak mulai dari TK, SD, maupun SMP.

Dalam
akhir kegiatan mahasiswa juga mengadakan pameran. Pameran ini
dilaksanakan di sepanjang koridor depan taman Amphiteater. Isi
dari pameran ini adalah foto-foto hasil dokumentasi dari serangkaian
kegiatan SLICE mulai dari awal hingga akhir kegiatan.

“Menurut
saya kegiatan ini sangat bermanfaat. Karena dalam kegiatan ini,
selain kita dapat menyalurkan ilmu yang kita miliki, kita juga dapat
berinteraksi secara langsung dengan masyarakat,” ujar Yogi Putra
Pratama mahasiswa kelas dua D4 Teknik Komputer yang juga merupakan
peserta SLICE tahun 2016. (ani/muf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian