EEPIS Online – Keio Univesity, merupakan salah satu mitra asal Jepang yang berkerjasama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Program kerjasama yang dijajaki oleh kedua belah pihak salah satunya adalah program pertukaran pelajar (Student Exchange) yang dilaksanakan setiap tahun. Pada periode tahun 2016/2017, sebanyak empat mahasiswa perwakilan PENS turut menjalani program yang dilaksanakan selama satu bulan ini.

Empat mahasiswa PENS tersebut berasal dari empat jurusan yang berbeda. Diantaranya Abid Famasya Abdillah dari program studi Teknik Informatika, Istivata Kartika dari program studi Teknik Telekomunikasi, Meynisa Nur Andani dari program studi Teknologi Game dan Ratih Arnia Tsani dari program studi Teknik Komputer. Sebelum berangkat ke negara yang mempunyai julukan negeri sakura ini, keempatnya telah melalui proses seleksi dan pelatihan.

Kegiatan yang berlangsung selama satu bulan terhitung sampai tanggal 16 November 2016 bertempat di Keio University, tepatnya Shonan Fujisawa Campus (SFC) yang terletak di Fujisawa, Kanagawa Prefecture, Jepang. Selama menjalani program ini, keempat mahasiswa memiliki kegiatan yang sama. Mereka berkesempatan untuk mengikuti kuliah dan praktikum seperti mahasiswa lokal umumnya. Tidak hanya itu, mereka juga turut mengerjakan sebuah proyek yang sama. 

Proyek yang mereka kerjakan membahas tentang Environmental Monitoring and Analysis. Pada pengerjaan proyek ini, mereka sebelumnya telah melakukan riset dan kemudian membagi tugas pengerjaan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Setiap hari selasa, keempat mahasiswa ini harus mempresentasikan progres proyek mereka dengan mahasiswa lainnya. â€œManfaat kegiatan ini sangat banyak. Disini kami bisa mengenal kultur negara lain, mendapat relasi akademis, dan yang paling utama dapat mempelajari bagaimana riset dengan skala global,” ujar Abid, mahasiswa semester akhir asal Program Studi Teknik Informatika. (mus/zya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian